Dari Google Gambar Sampai Pexels

Setelah lama mengenal blog, saya pun merasakan arti pentingnya sebuah gambar. Jika awal ngeblog banyak tulisan tanpa disertai gambar, kali ini setiap artikel harus memuat minimal satu gambar. Jika bukan sebagai materi penunjang artikel, minimal gambar sebagai pemanis.

Sayangnya untuk urusan gambar ini, saya bukanlah orang yang pandai membuatnya. Kebanyakan gambar di blog ini adalah hasil screenshot saja. Urusan screenshot ini memang paling mudah.


Namun ada kalanya, artikel yang saya tulis bukanlah tutorial. Tidak ada yang bisa discreenshot. Maka mulailah saya berburu foto di Google Gambar. Apapun masalahnya, tanyakan pada Mbah Google.

Google Gambar

Untuk melengkapi artikel, biasanya saya memilih gambar yang paling menarik dan menurut saya sesuai dengan artikel di blog. Ada banyak sekali pilihan yang tersedia di Google Gambar.

Sampai akhirnya saya pernah dapat teguran dari adsense perihal gambar ini. Rupanya urusan gambar ini tidaklah sepele. Gambar juga bisa mengadung hak cipta. Tidak sembarang gambar yang tersedia di internet bisa saya copas ke blog sendiri.

Demi keamanan dan saling menghargai, saya pun mulai memilih gambar bebas hak cipta. Berhubung sumber masih terbatas, saya masih mencarinya di Google Gambar. Hanya saja sengaja saya rubah pengaturannya agar gambar yang muncul bisa bebas hak cipta. Sayang sekali, kebanyakan gambar yang muncul kurang sesuai selera saya.

Suatu ketika, saya membaca artikel di Maniak Menulis perihal gambar ini. Rupanya ada situs yang menyediakan stok gambar gratis yang bisa digunakan sesuka hati. Dari sekian banyak situs yang disebutkan, tak perlulah saya kunjungi satu per satu. Pilihan saya pun jatuh pada Pixabay.

Pixabay

Pixabay menyediakan banyak sekali foto gratis. Saya tinggal memasukkan kata kunci, maka kumpulan foto yang relevan pun akan muncul. Kata kunci yang digunakan bisa menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tergantung laman yang digunakan.

Semenjak saat itu, setiap kali menulis artikel tanpa gambar screenshot, saya akan lari ke Pixabay untuk berburu gambar. Tampilan artikel pun rasanya lebih menarik dengan hiasan gambar ini.

Gambar di Pixabay memang banyak, sayang kemampuan mengolah kata kunci saya terbatas. Akibatnya, gambar yang saya posting temanya itu-itu saja. Kemampuan saya dalam mencari gambar bernilai seni untuk melengkapi artikel sepertinya memang tak memadai.

Saat saya melihat artikel orang lain dengan judul tertentu, kemudian dilengkapi gambar, kesimpulan saya adalah sangat menarik. Tapi saya pribadi, jika menulis judul tersebut, tidak punya pikiran untuk mencari gambar serupa. Nilai seni saya memang terbatas.

Akhirnya, saya mengambil jalan lain. Karena kebanyakan gambar di Pixabay dengan kata kunci yang saya miliki telah dipakai, saatnya berpindah ke situs lain. Kali ini saya mengunjungi Pexels.

Pexels

Pexels serupa dengan Pixabay dalam menyediakan gambar gratis. Tidak perlu memberikan atribusi. Tapi jika ingin memberikan, lebih baik lagi. Cukup masukkan kata kunci untuk memperoleh gambar yang dicari.

Berhubung saya masih baru di Pexel, maka semua gambar yang muncul menurut saya menarik. Selain itu, Pexels tidak sekaku Pixabay dalam menampilkan hasil. Jika Pixabay cenderung hanya menampilkan hasil yang relevan saja, Pexels kadang juga menampilkan hasil yang kurang relevan menurut saya. Tapi saya tetap suka, tidak ada salahnya menikmati gambar yang indah.

Gambar yang tersedia ada dalam beberapa ukuran. Gambar dengan resolusi tinggi bisa digunakan untuk bahan poster. Saya pribadi memilih gambar dengan resolusi rendah. Toh cuma ingin dimuat di blog. Ukuran kecil bagus untuk kecepatan loading.

Ada banyak sekali situs yang menyediakan gambar gratis. Saya pribadi baru mentok di dua situs ini. Berhubung jam blogging saya masih rendah, saat ini dua situs ini sudah memadai untuk sumber gambar.

Gambar dalam artikel ini saya ambil dari Pexels. Sembarang saja, sekedar pemanis. Sudah manis belum?

2 comments

  1. Hem... Penulisnya manis nggak? Nggak keliatan.. fotonya ga ada.. wkwkwwk

    Pecels foto-fotonya sebenarnya lebih baik dari segi komposisi dan teknis pengambilannya. Cuma secara jumlah kalah banyak sama Pixabay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya foto saya sudah ada di kolom komentar, pak. hehe

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon