Apa Itu Gagal Bayar Pada Kartu Debit?

Istilah gagal bayar biasanya identik dengan kartu kredit. Yaitu keadaan dimana seseorang tidak mampu membayar tagihan kredit atau hutang pada kartu kredit yang dimilikinya.


Lalu apa yang dimaksud dengan gagal bayar pada kartu debit?

Pertama kali saya kenal istilah ini yaitu beberapa hari yang lalu ketika membaca email pemberitahuan dari Jenius. Bunyi pesannya adalah sebagai berikut.

Biaya gagal bayar pada kartu debit Jenius. Berlaku mulai tanggal 16 Oktober 2020, Jenius menerapkan biaya maksimal Rp5.000/transaksi kepada nasabah yang mengalami gagal bayar karena tidak memiliki cukup saldo pada Kartu Debit Jenius VISA. Biaya akan dikenakan setiap terjadi kegagalan dalam pendebitan yang dilakukan oleh merchant. 

Berdasarkan email tersebut, juga ada istilah gagal bayar pada kartu debit.

Pada saat melakukan pembeliaan, nasabah bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit. Jika menggunakan kartu kredit, maka tagihannyalah yang harus dibayar tiap bulan. Sedangkan pembayaran dengan kartu debit akan serta merta memotong saldo pada kartu debit. Jika saldo tidak mencukupi maka terjadilah gagal bayar kartu debit

Apa akibat gagal bayar pada kartu debit?

Akibat utama gagal bayar pada kartu debit tentu saja transaksi pembayaran gagal, sehingga pembelian pun bisa batal.

Akibat lainnya adalah pada kartu debit tertentu, misalnya kartu debit Jenius di atas, akan mengenakan biaya gagal bayar. Jumlahnya bervariasi tergantung kartu debit yang digunakan. Artinya, bukan hanya transaksinya gagal, malah saldo terpotong. Jika terjadi berulang-ulang tentu potongannya menjadi besar.

Tips Menghidari Gagal Bayar Kartu Debit

Agar tidak terkena biaya gagal bayar pada kartu debit, pastikan saldonya mencukupi sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu debit sebagai metode pembayaran.

Jika kartu debit digunakan sebagai metode pembayaran berlangganan, pastikan saldonya terisi dan mencukupi sebelum tanggal pembayaran berikutnya. Misalnya menggunakan kartu debit Jenius untuk biaya perpanjangan domain.

Jangan jadikan kartu debit sebagai metode pembayaran coba-coba. Beberapa orang mencoba membeli sesuatu menggunakan kartu debit tanpa saldo atau yang saldonya sekarat. Pikirannya cuma coba-coba dan tahu pasti gagal. Hanya saja, ini bisa mengakibatkan adanya biaya gagal bayar.

Kartu debit memang sangat memudahkan bagi yang suka belanja tunai tanpa harus menggunakan kredit. Tapi tentu saja harus tetap digunakan dengan bijak untuk menghindari biaya yang tidak perlu.

Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. Waduh, ternyata gagal bayar dari kartu debit juga kena biaya ya. Kalo gagal 10x berarti 50 ribu. Berarti kalo mau transaksi harus cek dulu ya, apakah saldonya cukup atau ngga biar tidak kena potong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan email dari kartu jenius begitu. Entahlah kartu debit lain. Tapi dari pada saldo terpotong sia-sia, lebih baik cek saldo sebelum tarnsaksi.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon