Nonton Video Dapat Uang, Benarkah?

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah postingan di grup Facebook yang menanyakan tentang Vtube. Jawaban berdasarkan pengetahuan masing-masing pun muncul di bagian komentar. Tidak terkecuali bagi yang pro dan juga kontra.

Setelah membaca postingan tersebut pun, saya iseng lagi mencari di Google. Nemu sebuah artikel dan ujung-ujungnya juga asik baca kolom komentar. Sesuatu yang mengandung kontroversi kadang memang asik untuk dibaca.


Jadi, benarkah nonton video bisa dapat uang?

Secara pribadi, berdasarkan pelajaran bahasa Indonesia, jawaban pertanyaan di atas hanya ada dua. Benar atau salah. Kedua jawaban tersebut bisa di terima.

Dalam konteks tidak umum, saya bisa saja menyuruh seseorang menonton video kemudian memberinya uang. Toh tidak ada yang melarang. Kemungkinan besar saya punya alasan melakukan hal demikian. Jadi jawaban "benar" masih bisa diterima.

Ada pun untuk jawaban "salah", saya yakin pembaca bisa memberikan penjelasan yang lebih panjang lagi.

Saya tidak berencana untuk membahas Vtube disini. Tapi lebih kepada pertanyaan, benarkah nonton video bisa dapat uang?

Berdasarkan pemikiran saya, jika hanya dengan nonton video bisa dapat uang, sulit sekali mengumpulkan uangnya. Karena waktu yang dimiliki oleh setiap orang sama dan terbatas. Dan ketika dilengkapi dengan berbagai skema, saya tak berniat mengikutinya.

Jadi benarkah nonton video bisa dapat uang?

Menurut saya mungkin saja. Tapi saya tidak bisa membuktikannya. Meski begitu, saya yakin dengan pernyataan di bawah ini.

Menonton Video Bisa Dapat KOIN.

Ya, nonton video bisa mendapat koin atau mungkin disebut point atau shell atau sebutan lainnya. Tidak serta merta mendapat uang.

Ada banyak aplikasi yang menghadiahkan KOIN jika pengguna menonton video iklan. Salah satunya yang rutin saya gunakan adalah aplikasi untuk membaca komik, misalnya MangaToon dan WeComic.

Dalam aplikasi tersebut ada beberapa manga yang terkunci dan hanya bisa dibuka menggunakan KOIN. Ada dua cara untuk mendapatkan KOIN, yaitu dengan membeli koin atau dengan menonton iklan. Sebagai pembaca gratisan, tentu saya lebih memilih untuk menonton iklan. Itu pun jika sedang ada iklan yang tersedia.

Iklan yang muncul biasanya dari produk resmi, seperti lipstik Marina atau pun lainnya. Demi membaca komik, saya rela menonton iklan. Sayangnya dalam sehari jumlah iklan tidak lebih dari 5. Berhubung saya enggan membeli KOIN, maka saya harus bersabar untuk membaca lanjutan komik tersebut keesokan harinya.

Sistem menonton video iklan dan pemberian KOIN ini menurut saya lebih masuk akal. 

3 comments

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon