Berapa Bunga dan Pajak Akun Jenius?

Sudah satu bulan saya memiliki akun Jenius. Terakhir kali menggunakannya pada bulan lalu untuk memperpanjang domain ini. Sampai saat ini masih tersisa saldo Rp 50.000,-

Hari ini saya iseng menjenguk kembali akun yang jarang terpakai tersebut. Saya hampir lupa PIN karena jarang login.


Dibandingkan mobile banking rekening bank lain atau dompet digital lainnya, sebenarnya saya belum terlalu paham penggunaan berbagai menu di aplikasi Jenius. Jadi saya sekedar melihat-lihat saja.

Salah satu menu yang tersedia bernama In dan Out. Di sini kita bisa melihat riwayat uang yang keluar masuk dari akun Jenius kita.

Pada tanggal 28 Juli, saya melihat ada dana masuk berupa bunga sebesar Rp 5,- Kemudian ada dana keluar berupa pajak bunga sebesar Rp 1,-

Rupanya Jenius juga memberlakukan bunga dan pajak bunga pada setiap akun Jenius. Tentu saja nominalnya tidak banyak. Jika dihitung secara perkiraan, dari Rp 50.000 saya diberi bunga sebesar Rp 5 selama sebulan. Maka bunganya bernilai 0,01% perbulan. Adapun pajak bunga diambil dari nilai bunga sehingga nominalnya lebih kecil lagi.

Saya sendiri bukanlah penggemar bunga dan tidak mengharapkan bunga bank. Saya tertarik dengan Jenius salah satu alasannya adalah karena tak ada biaya administrasi bulanan. Rupanya perkara bunga tetap ada.

Berhubung nominalnya sangat kecil sekali, saya tak perlu terlalu memikirkannya. Cukup sekilas saya sudah tahu, mana nominal pokok, mana bunga. Sekedar tahu saja, bahwa pada akun Jenius terdapat bunga dan pajak bunga.

2 comments

  1. sayangnya sekarang kalau saldo rata-rata di bawah 1jt jadi ada biaya transfernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, begitu ya. Saya baru pake satu kali, jadi belum ngecek.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon