Memperpanjang Domain di Google Domain dengan Kartu Jenius

Sudah hampir tiga tahun blog ini menggunakan domain TLD. Sudah saatnya pula saya memikirkan untuk memperpanjang domain.

Saya masih ingat awal mulanya saya membeli domain waktu itu. Alasan pertama, karena blogger sedang awal mula mengenalkan domain TLD yang langsung bisa daftar dari beranda blogger. Alasan kedua, proses pembayaran bisa dilakukan dengan BNI debit online.

Ditambah lagi rasa penasaran dan bahan untuk menulis artikel, jadi motivasi saya untuk membeli domain kala itu.

Kali ini, saya pun ingin memperpanjang domain dengan menggunakan BNI debit oleh dari BNI Syariah. Tapi entah kenapa nomor VCN yang saya masukkan selalu ditolak. Saya mencobanya tidak hanya sekali, tapi pekan berikutnya pun saya coba lagi, namun sayang juga gagal. Sampai sekarang saya belum tahu penyebabnya.

Sebenarnya masa aktif domain blog ini sampai bulan September. Tapi saya lebih suka memperpanjang lebih awal supaya tidak kebablasan. Apalagi kali ini, saya memiliki masalah dengan pembayaran.

Setelah lebih dari dua minggu saya tak bisa menggunakan BNI debit online untuk pembayaran Google Domain, muncul dua alternatif penyelesaian di benak saya.

Pertama, saya melakukan transfer domain ke webhosting lokal. Dimana metode pembayarannya tentu tidak ribet dan bisa menggunakan rekening biasa.

Kedua, saya menggunakan alternatif kartu debit lain. Misalnya dengan membuat kartu Jenius yang sering saya baca di internet.

Sebagai pertimbangan untuk alternatif pertama, saya sudah membaca secara umum tentang transfer domain. Untuk melakukan transfer, hanya bisa dilakukan ketika masa aktif domain masih lebih dari satu bulan. Untuk kategori ini, blog saya masa aktifnya masih dua bulan.

Setelah melakukan transfer domain, saya pun tentunya harus melakukan segenap pengaturan baru untuk menghubungkannya dengan blogger. Ketika membayangkan ini, saya sudah tidak mau memikirkan betapa ribetnya. Belum lagi jika terjadi error.

Bukankah waktu itu saya memilih daftar di Google Domain kerena kemudahannya. Sepertinya saya belum siap pindah ke domain hosting lain yang bisa jadi malah lebih ribet.

Saya pun mempertimbangkan pilihan kedua, yaitu kartu Jenius. Setelah saya baca-baca, kartu Jenius diterbitkan oleh bank BTPN. Apakah artinya jika saya membuat kartu Jenius saya harus membuka rekening bank lagi? Jujur saya, semakin banyak nomor rekening, semakin besar pula biaya administrasi bulanan yang harus saya bayar.

Setelah saya baca-baca lagi, sepertinya tidak ada biaya bulanan untuk Jenius. Selain itu saya bisa memperlakukannya sama seperti dompet digital lain seperti Gopay dan OVO.

Akhirnya, saya pun memutuskan untuk menginstal aplikasi Jenius. Ketika akan mendaftar waktu itu, entah kenapa gagal. Pendaftaran pun tertunda beberapa hari.

Pada hari Selasa siang, saya iseng mendaftar Jenius dan berhasil. Saya pun melakukan aktivasi lewat video call hari itu juga. Tidak berapa lama e-Card Jenius langsung aktif dan bisa digunakan.

Cara Melihat Nomor Visa Kartu Jenius

Saat akun Jenius baru aktif, kartu pertama yang bisa digunakan berupa kartu virtual atau e-Card. Agar bisa menggunakan kartu ini, tentu harus mengetahui nomor kartunya.

Login ke aplikasi Jenius
Pilih Card Center
Pilih e-Card
Klik Lihat Kode CVV

Masukkan Password Jenius
Klik Submit

Nomor kartu serta CVV kartu Jenius sudah bisa dilihat dan dicopy. Karena nomor kartu dan CVV ini bersifat sangat rahasia, jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain.

Setelah mengetahui nomor dan CVV nya, saya pun menambahkan nomor e-Card Jenius yang berlogo Visa pada metode pembayaran di Google Pay dan langsung diterima.

Selanjutnya, saya melakukan top up saldo e-Card agar cukup untuk biaya perpanjangan domain selama dua tahun. Setidaknya, tahun depan saya tak perlu memikirkan perpanjangan domain.

Cara Memperpanjang Domain di Google Domain dengan Kartu Jenius

Masuk ke google domain
Pilih domain yang akan diperpanjang
Pilih Setelan Pendaftaran
Pada Perpanjangan Otomatis pilih Tambahkan Tahun


Pilih jumlah tahun, klik Lanjutkan ke Pembayaran. 
Pilih nomor Visa kartu Jenius jika sudah didaftarkan sebelumnya.
Jika tidak, pilih Tambahkan kartu debit. Masukkan nomor kartu, masa aktif serta VCC. 

Terakhir klik beli.

Proses perpanjangan domain telah berhasil. Domain blog ini sudah diperpanjang hingga tahun 2022.

Sebenarnya saya mengaktifkan menu perpanjangan otomatis untuk domain Maringenet. Hanya saja sebelumnya saya menggunakan VCN dari BNI debit online yang hanya berlaku seminggu. Oleh karenanya, ketika akan memperpanjang di tahun berikutnya, saya harus memasukkan VCN baru yang kebetulan tahun ini selalu gagal.

Kali ini saya menggunakan kartu Visa dari Jenius dengan masa aktif kartu hingga tahun 2025. Selama ada saldo di kartu tersebut pada masa perpanjangan domain, sebenarnya saya tidak perlu melakukan apapun. Proses pembayaran akan berlangsung secara otomatis dan masa aktif domain akan diperpanjang.

Kegagalan memperpanjang domain dengan VCN debit online BNI Syariah sempat membuat saya sumpek. Tapi akhirnya saya dapat pengalaman baru menggunakan kartu Jenius. Setiap peristiwa tentu ada hikmahnya.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar