Gagal Login Jenius Padahal Jaringan Bagus

Kartu ATM Jenius saya baru saja tiba. Saya pun tidak menyangka waktunya hanya perlu empat hari untuk sampai ke rumah saya yang berada di luar pulau Jawa. Tidak perlu menunggu lama, saya pun langsung membuka aplikasi Jenius untuk mengaktikan kartu tersebut.

Setelah membuka aplikasi Jenius, saya pun memasukkan PIN untuk login. Setelah ditunggu, tidak ada pergerakan loading sama sekali. Saya coba menutup aplikasi dan mengulang sekali lagi. Namun saya tetap tidak bisa login dan terhenti di halaman PIN. Seakan tak ada jaringan internet.

Saya mencoba membuka aplikasi lain. Sekedar untuk mengecek jaringan internet. Ternyata cukup lancar. Tapi saat menggunakan aplikasi Jenius, seakan tak ada jaringan.

Padahal beberapa hari yang lalu, saya berhasil mendaftar dan melakukan aktivasi dengan video call. Semua baik-baik saja. Apa yang berbeda kali ini.


Saya mencoba mengingat-ingat lagi. Pertama kali menginstal aplikasi Jenius, saya mencoba melakukan pendaftaran. Namun waktu itu gagal. Pada percobaan kedua saya mendaftar dan berhasil. 

Awalnya saya berpikir bahwa pada percobaan pertama saya menggunakan email yahoo dan gagal. Percobaan kedua saya menggunakan gmail dan berhasil.

Setelah saya pikir-pikir lagi, perbedaan pendaftaran pertama dan kedua bukan hanya terletak pada email yang digunakan. Tapi pada sumber jaringan internetnya.

Pada percobaan pertama, saya menggunakan jaringan internet di HP sendiri. Pada percobaan kedua, saya menggunakan wifi. Meskipun sama-sama dengan jaringan kartu im3, tapi sumber internetnya berbeda.

Dulu saya juga pernah mengalami hal serupa dengan aplikasi Mumalat DIN dan OVO. Ah, sepertinya saya sudah tahu masalahnya.

Cara Mengatasi Gagal Login Jenius Padahal Jaringan Lancar

Saat ini saya menggunakan HP Vivo Y31. Saya yakin masalahnya ada di pengaturan HP saya.

Saya pun membuka pengaturan
Pilih Jaringan Seluler

Pilih Izin Jaringan Data
Benar saja, izin data pada aplikasi Jenius berada dalam posisi Off. Saya pun merubahnya menjadi posisi On.

Setelah itu, saya kembali membuka aplikasi Jenius dan memasukkan PIN. Kali ini, saya pun akhirnya berhasil login.

Selanjutnya saya pun bisa melakukan aktivasi m-card yang baru saja saya terima. Senang punya kartu ATM baru.

2 comments

  1. bank konfensional emang banyak inofasinya, gak seperti syariah. Selamat berjenius ria dah. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih setia dengan BNI Syariah kok. Pas kepepet aja pake Jenius.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon