Cara Mengatur Batas Penggunaan Data Internet di Android

Apakah Anda orang yang suka membatasi penggunaan data internet Anda? Apa alasannya?

Ada beberapa alasan penggunaan data internet diberikan batasan. Misalnya supaya anggaran pengeluaran untuk internet tidak membengkak. Juga sebagai pengingat bahwa sudah waktunya istirahat dari penggunaan internet. Dapat juga digunakan pada HP anak agar dia sadar bahwa sudah terlalu lama bermain HP.

Pembatasan penggunaan data juga bisa digunakan untuk provider yang bisa menyerap pulsa saat kuota habis. Dengan adanya pembatasan ini, pemakaian internet akan terputus ketika batas pemakaian telah tercapai. Pulsa pun bisa terselamatkan.

Masih ada beberapa alasan lain seseorang membatasi penggunaan internetnya. Meski begitu, saya pribadi, tidak termasuk di dalamnya.

Saat ini, HP yang saya gunakan memberikan menu pengaturan pembatasan penggunaan internet harian. Meski saya tidak mau membatasi penggunaan paket data, tapi saya menggunakannya untuk memantau berapa banyak data internet yang saya gunakan setiap harinya.

Sepertinya tidak semua HP android menyediakan menu ini. Tapi ada juga yang menyediakannya, termasuk diantaranya HP Realme C3 yang saya gunakan.

Cara Mengatur Batas Penggunaan Data Internet Harian di Android.

Buka Pengaturan
Pilih Kartu SIM dan Data Seluler
Pilih Penggunaan Data

Pilih Batas Seluler
Pilih Batas Data Seluler Harian
Cara Mengatur Batas Penggunaan Data Internet di Andoid

Pilih nilai yang diinginkan, atau masukkan angka pada pilihan khusus

Kini saya sudah berhasil mengaktifkan pembatasan penggunaan kuota internet harian. Saya bisa melihat angka penggunaan paket internet pada hari itu pada menu atas di anroid.

Selain mengatur batas penggunaan harian, saya juga bisa memilih untuk membatasi penggunaan bulanan saja.

Cara Mengatur Batas Penggunaan Data Internet Bulanan di Android.

Buka Pengaturan
Pilih Kartu SIM dan Data Seluler
Pilih Penggunaan Data
Pilih Batas Seluler
Pilih Batas Data Seluler Bulanan

Akan muncul peringatan yang menyatakan bahwa penggunaan data internet akan dimatikan secara otomatis jika sudah mencapai batas, klik OK.
Masukkan angka yang diinginkan
Klik Simpan

Anda bisa memilih untuk mengaktikan batas penggunaan data bulanan saja, atau harian saja, maupun keduanya sekaligus.

Saya pribadi hanya mengaktifkan batas penggunaan data internet harian. Itu pun karena sekedar ingin memantau saja. Saya tidak pernah melewati batas 5 GB yang saya tetapkan.

Sebagai catatan, jumlah data yang dihitung oleh operator dapat berbeda dengan yang dicatat perangkat. Sebaiknya mengatur pembatasan pada angka yang lebih rendah daripada kuota internet yang tertera dari provider.

Demikianlah cara membatasi penggunaan data internet di android. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar