4 Aplikasi Legal Buat Nonton Drama Gratis

Berhubung saya kemarin banyak menghabiskan waktu dengan menonton drama, saya pun jadi menginstal beberapa aplikasi agar bisa menonton drama dengan nyaman.

Dulu, saya termasuk orang yang suka mendownload drama dari situs apapun yang menyediakannya. Kini, saya mulai beralih ke aplikasi yang memang memiliki hak siar untuk menyebarkan drama tersebut. Anggaplah saya mulai beralih sedikit demi sedikit untuk lebih menghargai karya orang lain.

Inilah 4 Aplikasi Legal Buat Nonton Drama Gratis yang pernah saya coba:

1. VIU
viu

Aplikasi VIU adalah aplikasi penyedia drama yang paling populer saat ini. Aplikasi ini sudah didownload lebih dari 50 juta kali. Saya termasuk di dalamnya. Moyoritas drama di aplikasi ini adalah drama Korea.

VIU menyediakan berbagai drama, mulai dari dram Korea, Jepang, China, dan Thailand. Selain drama seri, tersedia juga movie di sini. Juga ada pilihan jika penonton memutuskan untuk mendownload drama yang ingin ditonton. Aplikasi ini menyedia subtitle dalam bahasa Indonesia.

2. VIKI

Aplikasi VIKI menyediakan drama Korea, Jepang, China, Kpop, maupun live steaming. Aplikasi ini juga sudah menyediakan subtitle dalam bahasa Indonesia. Kebanyakan drama di sini adalah drama Korea.

3. WeTV

Saat ini, karena saya sedang suka menonton drama China, saya pun lebih sering menonton di WeTV. Selain drama Korea dan Jepang, andalan utama WeTV adalah drama China. Bahkan kita bisa menonton drama China yang didubbing dengan pengisi suara Indonesia. Namun saya lebih suka menonton dengan suara asli dan subtitle. Drama di aplikasi ini juga bisa di download agar bisa ditonnton pada saat offline.

Baca Juga Kelebihan dan Kekurangan Nonton Drama di WeTV

4. IQIYI

Dibandingkan aplikasi di atas, IQIYI mungkin kurang populer. Tapi ada beberapa video yang hanya bisa dinikmati lewat aplikasi ini. Misalnya acara Youth With You dimana Lisa menjadi salah satu juri di sana.

Kelebihan dan Kekurangan

Secara umum keempat aplikasi tersebut menyediakan drama Korea, China, Jepang, Thailand, beberapa reality show dan siaran TV. Hanya saja garis besar masing-masing memiliki kecenderungan. Saya akan menyatakan bahwa VIU dan VIKI untuk penggemar drama Korea. Sedangkan WeTV dan IQIYI untuk penggemar drama China. Setiap aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Meski begitu, semuanya saling melengkapi.

Beberapa drama tidak tersedia di WeTV, namun ada di IQIYI, begitu pula sebaliknya. Adapula drama yang tidak ada di VIKI namun tersedia di VIU. Oleh karenanya, ketika ingin menonton drama baru, saya suka menelusuri semua aplikasi tersebut.

Meskipun aplikasi ini gratis, namun ada beberapa drama yang hanya bisa ditonton dengan akun premium. Selain itu, saat menonton dengan akun gratis, akan ada iklan di awal episode.

Bagi yang tidak ingin terganggu iklan dan menonton semua drama yang tersedia, sebenarnya mudah saja, yaitu dengan mendaftar akun premium. Hanya dengan Rp 15.000,- perbulan, sudah bisa mengakses semua drama dalam satu aplikasi.

Membayar untuk hiburan memang suatu pilihan. Tapi kalau masih banyak hiburan gratis yang legal, kenapa memaksa untuk menonton dari situs ilegal. Selamat menonton.

0 Comments

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar