Pengalaman Pertama Beli Ebook di Google Play Store

Setelah sering membaca postingan tentang ebook Tere Liye, akhirnya saya memutuskan untuk membeli salah satu buku Tere Liye di Play Store. Judul bukunya adalah SELENA (undited version). Biasanya saya lebih suka dengan buku fisik versi cetak. Tapi kali ini saya memutuskan untuk beli ebooknya di Play Store.

Adapun aplikasi yang digunakan untuk membaca ebook yang dibeli di Play Store adalah Play Book (Play Buku). Oleh karenanya, sebelum membeli ebook, di Play Store, pastikan aplikasi Play Book sudah terpasang. Bahkan hanya untuk membaca contoh buku gratisnya saja, harus menggunakan aplikasi Play Book.


Mengapa beli buku di Google Play Store?


Ada beberapa alasan saya memutuskan untuk membeli buku SELENA di Play store, diantaranya:

- Saya sudah penasaran ingin membaca ceritanya. 

SELENA adalah serial ke 6,5 dari Serial BUMI yang sudah saya baca. Versi cetaknya belum rilis, dan versi ebooknya rilis lebih dulu di Play Book. Saat membaca status Tere Liye di facebook, dan komentar orang-orang yang sudah membaca novel SELENA, saya pun jadi semakin penasaran.

- Versi Ebook adalah unedited version atau versi asli 

Sebgai versi asli, maka novel ini belum ada pengurangan sedikit pun. Saat dicetak, biasanya ada beberapa bagian yang dihilangkan karena dirasa kurang perlu atau mengurangi jumlah halaman atau pun alasan lain. Oleh karenanya akan ada sedikit perbedaan antara ebook dengan versi cetak. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan kata lain, tidak ada istilah rugi dalam membeli ebook ini.

- Mencari pengalaman belanja di Google Book. 

Novel SELENA adalah buku pertama yang saya beli di Play Store. Saya pun akhirnya memperoleh pengalaman baru dan menjadi bahan untuk tulisan di blog.

Metode Pembayaran di Play Store


Baru kali ini saya belanja di Play Store. Berbeda dengan dulu yang hanya menerima satu macam pembayaran, kini Play Store menerima berbagai macam metode pembayaran.

Berdasarkan tampilan di layar HP saya, metode pembayaran yang bisa digunakan diantaranya:

- Pulsa Telkomsel (prabayar & pascabayar)
- Kartu kredit atau debit
- GoPay
- Saldo Google Play

Dari berbagai metode di atas, saya memilih Pulsa Telkomsel sebagai metode pembayaran. Menurut saya ini adalah cara yang paling praktis karena cukup dengan memotong pulsa saja. Yang paling penting adalah pulsa Telkomsel di HP mencukupi.

Sebelum proses pembayaran dikonfirmasi, saya harus memasukkan password email terlebih dahulu sebagai verifikasi. Menurut saya, langkah ini penting agar tidak terjadi proses belanja yang tidak disengaja.

Setelah proses pembelian berhasil, saya langsung mendapatkan notifikasi lewat email bahwa proses pembelian berhasil. Saya juga mendapat SMS yang berisi keterangan pembelian ebook.

Tampilan Ebook di Google Book


Ebook SELENA bisa langsung dibaca lengkap di HP saya melalui aplikasi Play Buku (Play Book). Tampilan di Play Book ada dua macam.

- Pada tampilan halaman asli, tulisan terlihat lebih kecil layaknya file pdf umumnya. Bagi saya pribadi, kurang nyaman membaca tulisan dengan ukuran seperti itu melalui layar HP. Sepertinya akan lebih nyaman untuk layar tablet.

- Tampilan teks mengalir dapat dipilih pada bagian menu. Pada tampilan ini tulisan yang muncul fontnya lebih besar. Walau menurut saya pribadi ukuran hurufnya terlalu besar, apalagi jika dibandingkan dengan font di blog ini. Namun secara umum membaca tampilan teks mengalir lebih nyaman dari pada halaman asli.

Untuk menandai batas bacaan, terdapat menu bookmark. Oleh karenanya, saat aplikasi ditutup dan kemudian dibuka kembali, bisa langsung menuju halaman yang ditandai. Meski begitu, meski tanpa bookmark, ebook akan tetap otomatis membuka halaman terakhir ebook yang ditinggalkan saat aplikasi ditutup.

Demikianlah pengalaman pertama beli ebook di Google Play Store, ternyata sangat mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

2 comments

  1. wah, jadi pengen nyoba juga beli E-book via Playstore nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang ada buku yang ingin dibeli, beli aja, caranya mudah kok.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon