Belajar Kosa Kata Bahasa Arab dari Komik Juha

Saya terbiasa belajar bahasa Inggris dari membaca komik dan menonton anime. Mungkin karena saya memang suka membaca komik dan menonton anime. Maka ketika dulu hanya ada versi Bahasa Inggris, saya tetap menikmatinya sambil belajar Bahasa Inggris.

Saat ini saya ingin mendalami Bahasa Arab, terutama menambah kosa kata. Karena saya senang membaca komik, maka saya pun berusaha mencari komik berbahasa Arab. Tapi sayang, tidak musah bagi saya mencari komik Bahasa Arab.

Saya sempat mencoba membaca komik berbahasa Arab terjemahan penggemar di aplikasi Webtoon. Sayang tidak bertahan lama. Mungkin karena ceritanya tidak menarik bagi saya. Atau mungkin karena tanpa harokat, sehingga sulit dibaca. Akibatnya saya malah sakit kepala karena banyak tidak mengerti.

Sebelumnya saya pernah diberi teman komik berbahasa Arab berjudul Juha. Sayang datanya hilang bersamaan dengan flash disk. Karena sedang semangat ingin belajar Bahasa Arab, saya pun mencoba mencarinya di internet.


Akhirnya saya menemukan situs yang menyediakan link download untuk komik Juha sebanyak 100 judul cerita. Meski begitu, untuk mendownloadnya tidak bisa sekaligus, melainkan harus satu-persatu. Bagi yang berminat, linknya disini

Saya pun memutuskan untuk mendownloadnya satu judul satu hari. Bukan karena ukurannya besar, ukurannya hanya sekitar 1 MB untuk setiap judulnya. Tapi supaya saya bisa fokus pada satu cerita saja setiap harinya.

Mengapa saya memilih kisah si Juha?

Ada beberapa alasan yang membuat saya betah untuk mempelajari kosa kata di kisah Juha.

1. Ceritanya Bergambar

Meskipun formatnya beda dengan komik yang sering saya baca, tapi Juha adalah cerita bergambar. Dengan adanya gambar ini, maka menjadi lebih menarik untuk dibaca. Yang lebih utama lagi, gambar memudahkan saya untuk memahami cerita.

2. Ceritanya Pendek

Dilihat sepintas, satu judul cerita bisa sampai 16 halaman. Tapi sebenarnya lebih banyak gambar dari pada tulisan. Oleh karenanya, cukup sebentar saja untuk membacanya.

3. Ceritanya Lucu dan Menarik

Bagi sebagian orang, tentu nama Juha terasa asing. Tapi hampir semua orang pernah mendengar nama Abu Nawas. Nah, cerita humornya agak mirip dengan Abu Nawas. Walaupun dalam beberapa keadaan Juha yang justru dibohongi.

4. Cerita, Susunan Kata, dan Kosa Kata Mudah Dipahami

Berbeda dengan berita, cerita menurut saya lebih mudah untuk dipahami. Mungkin karena menggunakan alur maju sehingga tidak perlu banyak berpikir. Selain itu adanya gambar membuat kisah lebih mudah untuk dicerna. Kosa kata dan susunan kalimatnya pun tidak terlalu ribet. Beberapa kosa kata sudah saya mengerti. Hanya beberapa kosa kata baru yang harus lebih saya perhatikan.

5. Tulisannya Berharakat

Saya pikir ini adalah alasan utama saya betah membaca kisah si Juha. Karena tulisan Arabnya berharakat. Saat ini sulit sekali mencari bacaan Arab yang sudah berharakat. Apalagi jika dicari di internet, mayoritas Arab gundul. Padahal untuk orang yang masih belajar seperti saya, tidak mudah membaca apalagi memahami tulisan Arab tanpa harakat.

Bagaimana tahapan saya belajar kosa kata dari komik Juha?

Pertama, saya mendownload satu judul cerita untuk hari itu. Kemudian saya mulai membacanya sekali. Saya mencoba memahami cerita hanya dengan membacanya sambil memperhatikan gambarnya. Setidaknya, saya bisa memahami inti cerita.

Kemudian saya mulai menuliskan kosa kata baru di buku tulis. Saya pun mencari artinya melalui aplikasi Kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim yang sudah terinstal di HP saya. Dengan begitu saya memiliki beberapa kosa kata baru setiap harinya.


Untuk saat ini saya belum bisa menghapalkan semua kota kata baru yang saya dapatkan. Tapi dengan sering dan banyak membaca, saya berharap bisa mengingatnya.

Demikianlah cara saya belajar dan menambah kosa kosa kata Bahasa Arab dari komik. Tentu saja saya juga pernah mengikuti grup belajar Bahasa Arab secara online untuk lebih memahami kaidah bahasa Arab.

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar