Aplikasi Kamus Bahasa Arab Indonesia Terlengkap Untuk Android

Saya adalah orang yang memerlukan aplikasi kamus pada smartphone saya. Ada kamus Bahasa Banjar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Dari keempat kamus tersebut, saya sempat menginstal tiga buah aplikasi kamus sekaligus untuk Bahasa Arab saja. Alasannya sederhana, karena satu kamus bahasa Arab saja tidak cukup bagi saya. Perlu tiga buah aplikasi agar saya memperoleh kata yang saya inginkan. Sampai akhirnya saya mendapatkan sebuah aplikasi kamus bahasa Arab terlengkap yang memenuhi semua kebutuhan saya.

Aplikasi kamus Bahasa Arab terlengkap yang saya maksud adalah Kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim. Beberapa tahun sebelumnya, saya juga pernah menggunakan aplikasi ini, saat itu masih biasa saja dan tidak lengkap. Tapi kali ini dengan adanya update terbaru kamus ini sudah sangat membantu keseharian saya.

Apa saja kelebihan Kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim?

1. Kamus Offline

Bagi saya fungsi utama menginstal aplikasi kamus di smartphone adalah agar bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Tentu saja agar bisa demikian saya memerlukan kamus offline. Jika harus online, lebih baik saya cari artinya di internet. Maka kelebihan aplikasi kamus ini adalah benar-benar offline dan bebas iklan.

2. Pencarian arti kata dari Arab ke Indonesia dan sebaliknya

Kemudahan utama dari kamus ini adalah, cukup tuliskan kata yang diinginkan, maka artinya akan langsung muncul. Jika mengetik dalam bahasa Indonesia, maka terjemahan Arab yang akan muncul. Jika mengetik dalam bahasa Arab, maka terjemahan Indonesia yang akan muncul. Sangat simpel.

Baca Juga Cara Mengetik Huruf Arab di Android

Caranya simpel, tapi terjemahannya tidak. Dengan kata lain, ketika sebuah kata diketikkan, akan banyak hasil pencarian arti yang muncul. Satu kata bahasa Indonesia memiliki banyak padanan bahasa Arab, begitu pula sebaliknya. Berbagai padanan arti tersebut semua ditampilkan. Saya pun bisa memilih arti kata yang sesuai dengan konteks yang sedang dibahas.

Aplikasi Kamus Bahasa Arab Indonesia Terlengkap

3. Berisi Dua Kamus Arab-Indonesia

Berbeda dengan aplikasi kamus yang biasanya hanya berisi satu kamus. Kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim berisi beberapa 7 kamus. Dua diantaranya adalah kamus Arab-Indonesia dan sebaliknya. Selain kamus Arab Indonesia biasa, juga ada kamus Mutarjim di dalamnya. Ya, kamus Mutarjim yang tebal dan berat tersebut ada dalam sebuah aplikasi Kamus Arab Indonesia.

Kelebihan kamus Mutarjim adalah menampilkan hasil yang lebih beragam dengan berbagai variannya. Selain itu bentuk jamak dari beberapa kata juga ditampilkan sehingga memudahkan pencarian.


4. Berisi Empat Kamus Arab-Arab

Sebagai orang yang tidak terlalu pandai berbahasa Arab, tentu membaca kamus terjemahan dari Arab ke Arab justru tambah bikin pening. Tapi bagi saya kamus ini justru sangat penting. Dengan kamus Arab-Arab, saya bisa mengetahui huruf asal suatu kata, perubahan bentuknya sesuai ilmu sharof serta contoh penggunaanya.


Adapun keempat kamus Arab tersebut yaitu:

- Mu'jam Al-Ghoni
- Mu'jam Al-Mu'ashorah
- Mu'jam Al-'Arab
- Lisan Al-'Arab

5. Berisi Kamus Al Qur'an

Kamus ini berisi penempatan kata yang dicari dalam Al Qur'an. Banyaknya hasil pencarian secara tidak langsung bisa memberitahu saya jika suatu kata sering muncul dalam ayat Al-Qur'an. Ayat yang berisi kata yang dicari biasanya akan ditampilkan secara lengkap. Kemudian arti dari ayat tersebut ditampilkan di bawahnya. Adapun kata yang dicari akan ditampilkan dengan warna merah sehingga jelas terlihat.


Demikianlah berbagai kelebihan kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim sehingga saya mengatakan ini adalah aplikasi kamus Arab terlengkap. Meskipun mungkin kamus ini masih memiliki kekurangan, saat ini saya belum menemukan aplikasi kamus Arab yang lebih baik dari ini. Jadi buat kamu yang nyari aplikasi Kamus Arab Indonesia yang bagus, saya merekomendasikan untuk menginstal aplikasi ini.

4 comments

  1. nah ini menarik,,bisa jadi referensi belajar anak saya, makasih mba

    ReplyDelete
  2. Wah..enaknya..... kecanggihan zaman sekarang.

    Ada Kamus Bahasa Arab.Sehingga mempermudah setiap kita ingin mengartikan Bahasa Arab ke Bahasa Indonesia.😀😊😆😃

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon