Rekomendasi Channel Review Anime di Youtube

Saya bukanlah Youtuber, tapi tentu saya memiliki akun dan aplikasi Youtube untuk menonton hiburan atau mencari info. Selain menikmati video yang disajikan, kadang saya juga mencoba menganalisa, apa yang menyebabkan suatu channel menarik bagi saya.

Salah satu tema chanel Youtube yang banyak peminatnya menurut saya adalah channel tentang anime. Tapi jika berharap untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube, jangan berharap bisa menjadi sukses dengan menjadi reuploader. Meskipun sub dan view banyak, kemungkinan monetisasi sangat kecil.

Lalu, channel anime seperti apa yang berpotensi untuk monetisasi? Diantaranya adalah channel yang membahas anime, bukan chanel yang sekedar reupload anime.

Salah satu channel favorit saya adalah channel Issei Nugroho. Channel ini menampilkan berbagai list anime dengan berbagai judul video menarik.


Perhatikan contoh judul video berikut

- 8 Anime Terbaik Sepanjang Masa
- 7 Anime Paling Keren 2018
- 6 Anime Yang Dinanti 2019

Judul-judul di atas menurut saya biasa sekali. Bandingkan dengan judul-judul video berikut

- 8 Anime Overpower Dengan Karakter Utama Setengah Monster
- 9 Anime Dimana Main Character Menyelamatkan Heroin dari Bahaya
- 10 Anime Dimana Semua Orang Meremehkan MC nya

Judul-judul yang di bawah terlihat lebih kreatif dan menarik. Seperti itulah jenis-jenis video yang ada pada channel tersebut. Isinya tidak terbatas pada kata-kata terbaik, terkeren, dan sebagainya.

Ditambah lagi, judul-judul tersebut juga bukan tipe klik bait yang suka bikin keki. Isi videonya sesuai dengan judulnya. Jadi ngga ada rasa tertipu dan geregetan.

Dalam menampilkan videonya, tidak sekedar menampilkan cuplikan doang. Issei menjelaskan sinopsis dari anime tersebut dan kenapa anime tersebut bisa masuk dalam list. Semua yang dikatakan kebanyakan adalah pendapat pribadi sang Youtuber, tapi di sanalah asiknyai. Apa yang diucapkan bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dari sinopsis resmi anime.

Biasanya, yang membuka channel ini adalah orang di samping saya. Tapi saya bisa mendengarnya dengan jelas, penjelasan tentang anime yang ada di list. Jika ada yang menarik, biasanya saya ikut menonton videonya.

Saat ini, channel ini sudah memiliki 159 ribu subscriber. Tentu saja channel ini juga sudah dimonetisasi dan kadang pernah ada endorse juga di awal video.

Menurut saya ini adalah contoh chanel anime yang bukan sekedar reupload. Tentu saja untuk bisa melakukannya sang Youtuber juga harus penggemar anime. Dari review anime yang disampaikan, terlihat jelas bahwa sang Youtuber telah menonton anime yang direview. Bukan sekedar baca teks doang. Itulah yang membuatnya menarik dibanding dari channel lain.

Buat kamu yang juga penggemar anime, mungkin bisa mampir ke channel ini untuk mencari rekomendasi. Tulis juga channel favorit yang sering kamu kunjungi.

2 comments

  1. Wow...banyak sekale susbcribe-nya 159 ribyu, ✌😃😆

    channel saya saja baru 700-an, itupun paksa sana sini agar banyak yg jadi subscriber channel saya.hahaha..😂😆

    #eee..kok, saya jadi promo.✌😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal 300 lagi nyampe seribu dong,,, semangat terus Kang. Saya mendukung dar balik layar HP 😀

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon