Membaca Novel Berbahasa Inggris atau Undang Undang Berbahasa Indonesia?

Kali ini saya sedang berada dalam mode rajin. Dalam artian sedang rajin belajar mengenai pendidikan. Saat sedang mencari tujuan pendidikan nasional berdasarkan undang-undang, saya menemukan file lengkap Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Selama ini saya sering hanya sebatas membaca kutipannya saja, baik tentang tujuan pendidikan nasional maupun pengertian pendidikan. Baru kali ini saya melihat undang-undang lengkapnya sebanyak 33 halaman.

Berhubung sedang dalam mode rajin, saya memutuskan untuk membaca isi undang-undang tersebut secara lengkap. Mulai dari judul, menimbang, mengingat, menetapkan, sampai habis pada tanggal disahkan. Selama kurang lebih satu jam saya menyelesaikan membaca semua halamannya.

Menurut saya pribadi, 33 halaman sebenarnya bukanlah halaman yang terlalu banyak untuk bacaan. Saya bisa menghabiskan novel Tere Liye sebanyak 400 halaman dalam satu hari. Saya juga biasa membaca novel online berbahasa Inggris dan menikmatinya. Saya suka membaca.

Tapi sepertinya, meskipun bacaan kali ini berbahasa Indonesia saja, setelah menyelesaikannya, saya memilih membuka laptop dan menulis di blog. Rupanya satu jam membaca undang-undang lebih memusingkan dari pada membaca novel bahasa Inggris. Otak ini rasanya dituntut untuk berpikir keras memahami, mencerna, dan mengingat informasi yang baru saja saya baca.

Mungkin karena itu pulalah, membaca buku pelajaran lebih cape dari pada membaca novel. Jenis informasi yang dicerna memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Maka sebagai hiburan, saya pun beralih ke bacaan lain yang lebih ringan daripada undang-undang. Sepertinya membaca komik bisa dijadikan sebagai selingan.

7 comments

  1. Hahahahahahaha.. perbandingannya jelas banget dah Nisa kalau yang ini mah.. mending baca novel berbahasa Inggris dibandingkan harus baca 1 Undang=Undang... sumpaah dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kita sepakat pilih baca novel ya, hehe.

      Delete
  2. Mending baca barisan Code deh kalau saya, lebih jelas. Dari pada baca undang-undang sama pasal-pasal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah angkat tangan kalo disuruh baca code. Btw, kode morse atau kode apa nih,,,

      Delete
  3. Mendingan cuci piring satu karung deh Plus Push-Up 2 kali, kalau disuruh baca novel English dan Undang - Undang.#ngak kuat,bisa Eror 404 otak.hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, hebat, Kang Nata bisa cuci piring sambil push up. 👏👏👏

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon