Kelebihan dan Kekurangan Transfer Uang Dengan Flip.id

Flip adalah aplikasi yanng berguna untuk menghemat biaya transfer antar bank di Indonesia. Dengan melakukan transfer melalui aplikasi Flip, biaya transfer menjadi gratis. Saya pun termasuk salah satu penggunanya.

Sebelum menggunakan Flip saya sudah membaca banyak review mengenai aplikasi ini. Review tersebut ada yang berupa pujian ada juga berupa keluhan. Setelah saya menggunakan sendiri aplikasi ini, saya pun bisa merasakan beberapa kelebihan dan kekurangan aplikasi ini.

Kelebihan Aplikasi Flip

1. Gratis Biaya Transfer Antar Bank

Flip adalah aplikasi pertama yang saya temui yang bisa membuat biaya transfer antar bank dari Rp 6.500 menjadi Rp 0 alias gratis. Tentu saja ini adalah keunggulan utama dan memang manfaat utama yang disodorkan oleh aplikasi ini.

2. Rekening Tujuan Tidak Harus Memiliki Akun Flip

Transaksi transfer menggunakan Flip sepenuhnya adalah transaksi perbankan. Oleh karenanya tidak perlu khawatir bahwa penerima uang tidak memiliki akun Flip karena tidak masalah. Uang yang ditransfer akan sampai ke rekening tujuan dengan selamat.

3. Sudah Terverifikasi oleh Bank Indonesia

Saya termasuk orang yang cukup berhati-hati mengenai aplikasi keuangan di smartphone. Hanya aplikasi resmi dari bank yang akan saya gunakan. Aplikasi Flip sendiri, sebenarnya hanya pihak ketiga sebagai perantara dalam proses transfer. Semua mekanisme keuangan dilakukan oleh jaringan perbankan. Sebagai legalisasi, Flip sudah terdaptar di Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKP/68. Saya pun tidak ragu untuk menggunakannya.

Kekurangan Aplikasi Flip

1. Proses Verifikasi Agak Ribet

Dibandingkan aplikasi lain yang dapat langsung digunakan setelah registrasi, akun Flip baru dapat digunakan untuk transfer setelah melewati proses verifikasi. Untuk verifikasi harus menampilkan data sebenarnya berupa foto KTP, foto wajah, dan foto sedang memegang KTP.

Keluhan yang sering ditemui adalah verifikasi gagal karena gambar yang tidak jelas atau tidak cocok. Bisa jadi karena posisi gambar yang salah atau buram. Tidak sedikit yang mengeluhkan hal ini di halaman review Flip di Playstore.

Adapun saya pribadi bisa melewati proses verifikasi dengan cepat. Jadi keadaan ini beisa berbeda untuk setiap orang.

Mungkin ada yang bertanya kenapa verifikasinya harus ribet begini. Hal ini merupakan persyaratan dari Bank Indonesia agar Flip tetap bisa beroperasi dan mendapatkan nomor izin. Ini adalah salah satu bagian dari keamanan.

2. Proses Transfer Lebih Lambat

Di halaman resmi Flip.Id disebutkan bahwa prose transfer berlangsung selama 20 menit atau lebih. Hal ini biasanya tergantung antrian dan banyaknya transaksi pada waktu itu. Pada kasus saat terjadi gangguan bank proses bisa berjam-jam. Karena semua transaksi menggunakan jaringan perbankan, jadi gangguan bank di luar kuasa Flip. Pada saat lain ketika begitu banyak transaksi, maka antrian pun menjadi panjang seperti pada transaksi ke bank BCA.

Saya sarankan, jika sang penerima uang sedang dalam keadaan mendesak sekali dan tidak sanggup menunggu lama, mungkin bisa memilih opsi Prioritas, namun ada biaya Rp 2.500 pertransaksi. Atau ngga usah pake Flip aja, supaya langsung sampai, tapi biaya ditanggung sendiri.

3. Transfer Terbatas pada Jam Kerja

Aplikasi Flip memang bisa digunakan setiap saat. Tapi untuk transfer uang, hanya akan diproses pada jam kerja. Oleh karenanya jangan mengharap transfer uang dari Flip pada malam hari atau hari libur. Jika mendesak sekali, jangan mengharap biaya transfer transfer gratis dari Flip.

Demikianlah kekurangan dan kelebihan Flip menurut saya. Kesimpulannya, aplikasi Flip sangat bagus untuk menghemat biaya transfer antar bank. Meski begitu kadang Flip bukanlah pilihan yang tepat untuk transfer uang dalam keadaan mendesak. Semoga bermanfaat.

5 comments

  1. 1. Kecuali BRI, dia masih kena adm meski transfer ke sesama,
    2. satu lagi kekurangannya, bank tujuannya masih terbatas, kalau gak salah gak lebih dari 10 gitu.
    3. Terus, keuntungan FLIP, dari mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Iya, BRI tetap ada biaya admin meski sesam.

      2. Jumlah banknya memang masih terbatas, tapi sudah mencakup untuk bank besar.

      3. Mereka mengambil untung dari Flip bisnis. Selain itu transaksi prioritas ada biaya 2500. Ibaratnya, yang dipopulerkan versi gratisnya, tapi mereka tetap meraih untung dari fitur bisnisnya.

      Delete
  2. aku pernah pakai ini, lumyan bisa menghemat biaya transfer antar bank. Aku pernah pakai yang prioritas, tp antrian juga masih panjang walaupun gak sepanjang yg free. Tp menurutku bisa diperpendek lagi antriannya dg menambah pelayanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang saat buru-buru, saya pilih bayar biaya transfer daripada berhemat. Intinya tergantung kebutuhan.

      Delete
  3. Baru tau Flip pas ada yang transfer ke saya pakai ini. Cari-cari infonya ternyata gratis yah, lumayan tuh dari 6.500 jadi nol, apalagi klau sering banget transfer.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon