Update Alogaritma Google, Apa Yang Saya Lakukan?

Update Alogaritma Google, Apa Yang Saya Lakukan?
Meskipun tidak update blog selama satu bulan, tapi saya masih sempat membaca beberapa artikel atau postingan di grup facebook. Oleh karenanya, kabar tentang update alogaritma Google yang hemapir bersamaan dengan lebaran juga sampai kepada saya.

Lalu apa yang saya lakukan untuk mengahadapi update inti dari alogarima Google tersebut?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut secaara langsung, saya ingin ngemeng soal yang lain dulu.

Sebelum update bulan Juni ini, sebenarnya Google sudah beberapa kali melakukan update alogaritma sebelumnya. Sedikit banyak hal tersebut juga telah mempengaruhi pageview di blog ini yang berakibat penurunan view. Walaupun tentu ada penyebab lain seperti malasnya saya melakukan update artikel maupun cara ngeblog saya yang masih semau gue.

Penurunan veiw blog tentu juga berakibat dengan penurunan penghasilan adsense. Selain itu jujur saya, blog ini adalah blog utama dibandingkan blog lain yang update hanya ketika ada angin baik saja. Oleh karenanya saya tidak banyak berharap dari blog lain.

Berhubung saya paham bahwa penurunan penghasilan adsense diakibatkan oleh penurunan view blog, maka saya tidak terlalu memikirkan tentang posisi iklan, nilai BPK dan sebagainya. Tidak akan berpengaruh besar jika faktor utamanya adalah traffik blog yang anjlok.

Tapi berhubung, saya adalah blogger yang hobi menulis. Hal tersebut tidak akan mematahkan semangat saya untuk ngeblog. Tapi sebaliknya, juga tidak meningkatkan semangat untuk ngeblog juga. Artinya, tidak ada perubahan dengan aktivitas ngeblog, masih saya seperti biasa.

Hal berbeda yang saya lakukan dua bulan lalu adalah membeli template baru dan premium untuk blog ini. Selama ini salah satu alasan saya bertahan dengan template lama adalah takut trafik menurun. Mungkin pernyataan bahwa mengganti template bisa menurunkan trafik berpengaruh terhadap psikologi saya. Nah, berhubung saat itu trafik blog sedang anjlok, sekalian saja ganti template.


Saya tidak berharap banyak dengan template yang saya beli saat itu. Tidak pula saya termakan kata-kata bahwa template bisa meningkatkan view. Jika naik syukur, jika turun memang demikianlah. Yang membuat saya senang adalah tampilannya yang baru, dan saya jadi bisa menulis artikel tentangnya. Adapun kegiatan blogging saya, masih sama seperti biasa.

Awal pertengahan Ramadhan kemarin, saya sempat sakit. Sedikit demam dan sakit kepala. Melihat laptop rasanya eneg banget. Meskipun sakitnya cuma sebentar, tapi sepertinya saya anti banget dengan laptop. Oleh karenanya, saya pun membiarkan blog ini terbengkalai selama sebulan. Komentar-komentar yang masuk pun baru sekarang bisa dibalas. Maafkanlah.

Update alogaritma Google yang terjadi bersamaan dengan masa saya malas mengurus blog. Maka untuk menjawab pertanyaan di atas, apa yang saya lakukan?

Jawabannya adalah Tidak Ada.

Saya tidak melakukan apapun terkait update alogaritma Google ini. Bahkan saya belum mencari tahu seperti apa update yang dilakukan saat ini.

Biar bagaimanapun, Google adalah mesin pencari yang berusaha menampilkan hasil terbaik kepada pengguna. Semua update dan perubahan alogaritma dimaksudkan untuk tujuan tersebut. Selama apa yang saya tulis memang dianggap berguna, tentu akan muncul juga di hasil penelusuran.

Lagi pula, saya kan memang suka menulis. Dari zaman belum kenal adsense juga sudah suka menulis. Google dan Adsense memang bisa menambah motivasi. Tapi tidak bisa menghancurkan kesukaan saya terhadap menulis. Apapun perubahan dan update yang mereka lakukan, saya hanya perlu menulis.

8 comments

  1. Wis.. cikgu ternyata sakit yah... Hadeuh... Sehat terus ya bu Guru...

    Senang membaca semangatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sekarang sudah senang nangkring depan laptop lagi, hehe

      Delete
  2. Sejak pertengahan 2018 - sekarang google update terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google juga ngga mau ketinggalan dengan perkembangan web dan internet, hehe.

      Delete
  3. semangat lagi bu guru, sehat selalu. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan.
      Semangat terus!

      Delete
  4. algo google kalau diikutin malah bikin puyeng ya bu, mending ngalir aja, nulis yang berguna untuk pengunjung, toh nanti kalau memang bermanfaat banyak yang share dan ranking google juga baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, ngga ada habisnya mah kalo ngikutin google. Lebih baik fokus nulis.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon