Mengenal Fitur NFC pada Handphone dan Fungsinya

Saat sedang menulis artikel tentang Tapcash iB Hasanah BNI Syariah, saya menemukan bahwa agar dapat menggunakan aplikasi BNI Tapcash GO, maka harus ada fitur NFC pada handphone yang digunakan. Sayapun akhirnya kembali berkelana di dunia maya untuk mencari tahu tentang NFC.

NFC (Near Field Communication) atau komunikasi jarak dekat yang intinya menciptakan komunikasi antar dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat pada jarak hingga beberapa sentimeter saja. Dengan cara ini dua perangkat bisa berbagi file atau data tanpa harus dipasangkan lebih dulu, cukup dengan mengaktifkan fitur NFC kemudian mendekatkan kedua HP.

Fungsi NFC sudah lama ada dalam salah satu fitur HP yang diperjual-belikan, namun saya jarang memperhatikannya karena merasa tidak perlu. Setelah membaca tentang Tapcash ib Hasanah BNI Syariah, saya baru penasaran tentang fitur ini.


Penggunaan NFC

Seperti disebutkan sebelumnya untuk berbagi data dengan NFC, cukup dengan mendekatkan dua perangkat saja. Saya sering menonton anime ketika seorang siswa ingin memberikan nomor kepada temannya, mereka mendekatkan kedua HP, dan kemudian, kirim. Bisa dikatakan, mereka menggunakan fitur NFC.

Salah satu cara untuk mencek saldo Tapcash yaitu adanya fitur NFC di handphone. Hal ini karena, untuk mengeceknya, kartu Tapcach harus didekatkan ke handphone agar handphone bisa membaca jumlah saldo di dalamnya.

Di negara maju, saya pernah melihat adegan pembayaran dengan hanya menggunakan handphone saja. Handphone di dekatkan pada mesin kasir, dan terbayar. Sekali lagi, biasanya fitur NFC diperlukan dalam handphone tersebut.

Adanya NFC dalam HP merupakan salah satu langkah untuk kemudahan transaksi pembayaran. Selain itu untuk berbagi data seperti foto, file dan lainnya juga bisa dilakukan dengan NFC.

Setelah mengenal NFC ini, maka kriteria HP yang ingin saya beli pun bertambah. Selain sudah bisa menangkap sinyal 5G, handphone baru nanti juga harus ada NFC.

2 comments

  1. Memang zaman semakin maju yah.. cuma kadang kita terlalu malas buat belajar saja.

    Saya sudah tahu fitur ini sejak lama, tetapi sampai sekarang tidak pernah memakainya sekalipun. Bahkan ketika hape sudah berganti beberapa kali, tetap saja belum pernah pake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang kita mencari tahu sesuatu ketika perlu saja, atau mungkin penasaran, hehe.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon