Cara Merubah File Ms Word ke PDF Online

Liburan sekolah bukan berarti saya terbebas dari PR. Kenyataannya kelas bahasa Arab online yang saya ikuti masih menyisakan PR setiap pekannya. Adapun tugas yang sudah diselesaikan harus di kirim melalui WA dan email. Satu kali saja tidak mengerjakan PR makan peserta akan di DO.

Saya berangkat ke Tanjung sebelum menyelesaikan PR tersebut. Akibatnya, saya kelabakan pas di Tanjung untuk menyelesaikan PR tersebut. Saya bahkan meminjam laptop kakak ipar untuk menyelesaikannya.

Laptop lama kakak saya masih menggunakan windows 7 dengan aplikasi office 2007. Saya harus menginstal font Arab terlebih dahulu agar bisa mengerjakan PR. Kemudian, saya harus menyimpannya dalam bentuk PDF agar apa yang sudah saya ketik tidak berantakan saat dikirim dan dibuka di perangkat lain.


Masalahnya office 2007 masih belum menyediakan save as PDF. Maka mau tidak mau saya harus merubah document ms word ke pdf secara online. Syukurlah, sinyal wifi lancar di sana.

Ada banyak situs yang menyediakan menu merubah dari word ke pdf. Tapi tidak semua sesuai dengan kebutuhan saya. Beberapa situs mengharuskan pengguna harus membuat akun terbih dahulu. Situs lain mengharuskan pengguna menginstal aplikasi.

Akhirnya saya menemukan situs yang menyediakan menu upload dan langsung convert. Tapi saya kecewa karena pada tampilan preview, tulisan Arab yang saya ketik hasilnya malah berantakan pada tampilan PDF. Saya pun kembali berburu situs lain.

Akhirnya saya sampai pada situs convertonlinefree.com. Saya tidak perlu membuat akun untuk menggunakan situs ini. Tulisan Arab yang saya ketik pun tidak berantakan saat dirubah ke PDF. Untuk menyimpan hasilnya, saya cukup mengklik lambang download.

Adapun cara merubah word ke pdf secara online adalah sebagai berikut:

Kunjungi converteronlinefree.com
Klik Choose file
Pilih file doc/word dari laptop
Klik Convert
Cara Merubah File Ms Word ke PDF Online

Saya pun berhasil merubah document ms word ke PDF secara online. PR tersebut segera saya kirimkan ke pembimbing grup Bahasa Arab Online. Saya terbebas dari ancaman DO. Adapun untuk nilainya semoga memuaskan.

Demikianlah cara merubah word ke PDF secara online bagi yang officenya belum mendukung. Semoga bermanfaat.

0 komentar

Post a Comment

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar