Ayo Beralih ke Bank Syariah

Saat ini memang sulit untuk terlepas dari transaksi perbankan. Berbagai macam pembayaran akan lebih mudah dengan adanya layanan perbankan. Apalagi dengan adanya mobile banking, pembayaran bisa dilakukan semudah menyentuh layar handphone.

Sebagai orang Islam dengan ilmu ekonomi yang terbatas, saya memutuskan untuk beralih ke bank syariah. Alasan utamanya tentu saja untuk menghindari riba. Adapun alasan lainnya, diharapkan bisa memajukan perekonomian Islam.

Ada banyak penelitian yang mengungkapkan besarnya kelemahan yang dianut oleh sistem bunga yang ada di bank konvensional. Tidak dipungkiri juga, bunga lah yang menyebabkan hutang Indonesia tak kunjung lunas sejak puluhan tahun silam dan terus bertambah hingga sekarang. Dan mungkin ditambah dengan banyaknya korupsi di negeri ini.

Terlepas dari itu semua, tak ada ruginya menggunakan bank syariah. Sistem keamanan mereka tidak kalah dengan bank konvensional. Aplikasi mobile banking sudah tersedia. Cabang mereka ada di mana-mana. Banyak merchant yang bekerja sama dengan bank syariah.

Beberapa bank Syariah di Indonesia

1. Bank Muamalat
2. BNI Syariah
3. Bank Syariah Mandiri
4. BRI Syariah
5. Dll

Dari beberapa bank di atas, saya sendiri telah membuka rekening di BNI Syariah dan Muamalat. BNI Syariah adalah rekening pertama yang saya buka sejak tahun 2006 dan masih saya gunakan sampai sekarang.

Keunggulan BNI Syariah adalah kerjasama yang dimilikinya dengan Bank BNI. Berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh BNI 46 juga bisa digunakan oleh nasabah BNI Syariah. Berbagai artikel tentang BNI di blog ini adalah artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman di BNI Syariah.

Adapun bank Muamalat baru 4 tahun ini saya gunakan. Meskipun kerja sama bank Muamalat dengan Merchant belum seluas BNI, namun aplikasi mobile banking yang dimilikinya membuat saya mudah dalam bertransaksi. Selain itu, Muamalat adalah bank pertama yang mengusung sistem Syariah.

Bagi publisher Adsense, tidak perlu khawatir dengan bank Syariah. Karena tidak ada masalah sama sekali dalam pembayaran. Selama ini saya menggunakan BNI Syariah untuk menerima pembayaran adsense. Bahkan saya juga bisa menggunakn VCN BNI Syariah untuk membeli domain di Google.

Saat tidak ada pilihan tentu kina mengambil apa yang ada. Tapi saat pilihan Syariah sudah tersedia, ayo beralih ke bank Syariah.

4 comments

  1. aku juga nasabah BNI Syariah. hanya saja Muamalat nya udah dihanguskan. mudah-mudahan kedepannya bank Syariah bisa lebih bersaing dengan bank konfensional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga perekonomian Indonesia juga semakin membaik.

      Delete
  2. Ayo, mari kita bangkitkan perbankan yang beroperasi dengan cara menenerapkan prinsip-prinsip syariah! Thanks atas sharingnya, sangat menarik.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon