Perbedaan Antara Google Ads dan Google Adsense

September 24, 2018
Bagi seorang publisher Google Adsense, menerima email dari Google bisa bikin deg-degan. Hal ini terjadi karena saya juga pernah menerima email pemberitahuan dari adsense yang menyatakan bahwa salah satu blog yang saya kelola ditanyatakan tidak layak untuk menanyangkan iklan.

Beberapa hari yang lalu saya kembali mendapat email dari Google. Yang pertama kali saya baca adalah judulnya yang berbunyi:

"Your Google Ads account was cancelled due to no spend"

Deg, saya langsung kaget menerima email tersebut. Untuk memahami lebih lanjut, saya pun membuka dan membaca email dalam bahasa Inggris tersebut.

Ternyata email tersebut berbunyi pembatalan akun Google Ads bukan Google Adsense. Google Ads dan Google Adsense tidaklah sama, alias berbeda.

Dulu saya memang pernah mendatar di Google Ads yang dulu bernama Google Adword, namun tidak pernah saya gunakan. Waktu itu saya mendaftar karena ingin menggunakan fitur keyword tools waktu awal-awal ngeblog. Saat ini sudah jarang sekali saya menggunakan tools ini.

Oleh karena, tidak masalah bagi saya jika akun Google Ads dinonaktifkan. Yang penting akun Google Adsense masih baik-baik saja.

Perbedaan Google Ads dan Google Adsense

Google Ads adalah sebutan baru untuk Google Adwords. Program Google Ads memungkinkan pengguna membuat iklan yang akan muncul pada halaman hasil penelusuran Google dan jaringan situs partner Google yang relevan. Pengguna Goolge Ads membayar kepada Google untuk memasang iklan.

Sebaliknya, program Google Adsense adalah program yang menayangkan iklan Google Ads pada situs terpisah. Selanjutnya, Google akan membayar penayang Google Adsense untuk iklan yang ditampilkan di situs mereka berdasarkan klik iklan pengguna atau tayangan iklan, bergantung pada jenis iklan.

Meski berbeda, Google Ads dan Google Adsense saling terkait. Karena keduanya adalah mitra Google dalam jaringan periklanan.


Google telah memperbaharui logo Google Adsense dan juga Google Ads. Meskipun berbeda, kedua logo tersebut sangat mirip karena berupa garis dan titik dengan perpaduan warna hijau, kuning dan biru.

Sekarang, saya sudah tahu bahwa Google Ads dan Google Adsense berbeda. Setidaknya saya tidak akan salah dalam memahami email yang saya terima. Walau tetap saja, kadang masih deg-degan juga.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
September 24, 2018 at 8:55 AM delete

Hahahahaha... sama dong... sama deg-degannya.. saya juga menerima baru-baru ini

Reply
avatar
September 24, 2018 at 9:39 AM delete

Memang bikin deg-degan, Pak. Untung ngerti bahasa Inggris. Bahkan ada yang sampai nanya di forum karena ngga ngerti.

Reply
avatar
September 26, 2018 at 1:37 PM delete

ehh.... saya juga... saya juga... *sambil ngacung.

Reply
avatar
September 26, 2018 at 9:56 PM delete

Saya yakin Google mengirim email masal, dan banyak yang mendapatkannya 😄

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *