Cara Mengganti Bahasa Audio di Media Player Clasic

July 09, 2018
Saya memperoleh file film How to Train Your Dragon 2 dari adik saya. Meskipun movie lama, tapi saya belum sempat menontonnya. Karena saya sudah nonton movie yang pertama dan menyukainya, tentu saja saya senang dan ingin menonton movie 2 nya.

Saat saya memainkannya di lapton dengan GOM Player, saya merasakan kejanggalan. Semula saya berpikir sub dari Lebah Ganteng yang kurang sinkron. Ternyata bahasa dari film tersebut yang tidak saya pahami. Mereka tidak berbicara dalam Bahasa Inggris, entah bahasa Persia atau apa, saya tidak mengerti.

Padahal saya tahu dengan jelas bahwa How to Train Your Dragon aslinya menggunakan Bahasa Inggris. Jadi saya yakin ada pilihan bahasa untuk audio dari movie tersebut. Sayangnya meskipun diotak-atik, saya tidak menemukannya pada GOM player.

Kemudian saya memutuskan untuk menonton menggunakan aplikasi media player clasic. Untuk mengganti bahasa audio film yang saya tonton pun caranya sangat mudah.

Cara Mengganti Bahasa Audio di Media Player Clasic

Pertama, buka file film yang ingin ditonton menggunakan media player clasic.

Setelah video terbuka, pilih Play di menu bagian atas, atau pilih klik kanan juga bisa.

Pilih Audio Track.

Video yang memiliki beberapa audio akan menampilkan pilihan beberapa audio. Untuk file yang saya tonton sendiri ada tiga pilihan Audio. Per untuk Persia (mungkin) dan Eng untuk English (Bahasa Inggris).

Cara Mengganti Bahasa Audio di Media Player Clasic

Pilih bahasa audio yang diinginkan. Jika tidak bisa menentukan bahasanya dari namanya, silakan dicoba dan didengarkan bahasa masing-masing audio.

Setelah pas, silakan pilih dan menonton seperti biasa.

Akhirnya saya pun bisa menonton How to Train Your Dragon 2 dengan menggunakan Bahasa Inggris. Walaupun kenyataannya saya tetap menonton menggunakan subtile berbahasa Indonesia. Tapi menonton dengan mendengarkan bahasa aslinya terasa lebih asik. Seperti halnya dulu ketika menonton anime Ranma 1/2, saya lebih memilih audio dengan Bahasa Jepang daripada Bahasa Inggris.

Demikianlah cara mengganti bahasa audio di media player clasic. Jika Anda menonton video dengan bahasa yang janggal dan sepertinya bukan bahasa asli, silakan coba mengganti bahasa audionya. Siapa tahu file film tersebut memiliki beberapa audio. Meskipun beberapa film lain memang bahasa aslinya bukanlah Bahasa Inggris.

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
July 10, 2018 at 12:23 PM delete

wahh.. saya malah enggak pernah otak-atik audionya. sebab belum nemuin kasus kayak gini.

nanti iseng ah. file film saya cobain satu-satu siapa tahu ada yang bukan berbahasa inggris...

Reply
avatar
July 10, 2018 at 1:54 PM delete

Silakan dicari, Mas. Siapa tahu memu, 😄

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *