Cara Cek Tarif Ongkos Kirim Berbagai Kurir Sekaligus

July 23, 2018
Saya berencana membeli sebuah buku pelajaran Bahasa Arab, dan buku tersebut akan dikirim ke rumah saya. Selain membayar harga buku tersebut, saya juga harus membayar ongkos kirimnya. Oleh karena itu saya pun menanyakan berapa harga ongkirnya.

Ternyata harga ongkir ke Kalsel sebesar Rp 80.000 untuk kurir wahana. Buku dikirim dari Parung, Bogor dan harganya cuma Rp 60.000. Dengan kata lain, ongkirnya lebih mahal dari pada harga bukunya sendiri.

Saya pun membalas lewat pesan WA dan memberi tahu bahwa saya biasa belanja online dengan kurir Pos Indonesia, dan biasanya ongkirnya cuma Rp 37.000 dalam 1 kg. Jauh lebih murah daripada wahana.

Saya bahkan sengaja mencek langsung ke situs Pos Indonesia, untuk memastikan bahwa saya tidak salah ingat. Dan ingatan saya memang masih benar.

Saya pun berpikir untuk membandingkan ongkos kirim beberapa kurir atau ekspedisi untuk membandingkan harga ongkir yang paling murah.

Akhirnya saya menemukan sebuah situs yang bisa digunakan untuk mencek ongkos kirim beberapa kurir ekspedisi sekaligus, yaitu berdu.id

Melalui situs ini saya bisa mencek biaya pengirimana melalui JNE, Tiki, Wahana, J&T, Pos Indonesia, Si Cepat, dan First Logistik.

Cara Cek Tarif Ongkos Kirim Beberapa Kurir Sekaligus

Kunjungi sidus https://berdu.id/cekongkir

Isi provinsi asal, kabupaten asal, kota asal, provinsi tujuan, kabupaten tujuan, dan kota tujuan.
Isi juga berat barang yang akan dikirim.
Klik Cek Ongkir.


Sebagai contoh, saya mengecek harga ongkir dari Parung ke Astambul, Kalsel. Inilah hasilnya.


Untuk wahana, ongkirnya memang Rp 80.000, selain itu sampainya sekitar 10 hari. Sedangkan pake pos kilat cuma Rp 34.500, dan sampainya cuma 2-4 hari.

Memang ada selisih Rp 3000 dari yang saya cek langsung di situs kantor pos. Tapi tidak jauh beda.

Pengiriman ke alamat saya memang paling murah menggunakan pos kilat. Selain itu paling cepat sampai. Oleh karenanya, saya paling suka belanja online dengan kurir Pos Indonesia. Sayangnya, jika belanja lewat Shopee biasanya kurirnya pake JNE atau J&T. Kecuali saat belanja di tokopedia. Biasanya saya memilih toko yang menyediakan jasa pengiriman lewat kantor Pos.

Saya jadi berpikir lagi, kenapa tempat saya memesan buku, awalnya menawarkan jasa kurir wahana. Selain itu, teman-teman di grup WA yang juga pesan buku, ongkir nya bahkan tidak nyampe Rp 10.000.

Saya pun mencoba mengecek biaya pengiriman barang dari Bogor ke Jakarta. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.


Rupanya, untuk pengiriman daerah Jakarta dan sekitarnya, wahana merupakan ekspedisi dengan biaya ongkos kirim paling murah. Sehingga menjadi pilihan utama.

Sedangkan untuk pengiriman ke luar pulau, jasa pengiriman menggunakan wahana cukup mahal. Seperti ke tempat saya di Kalsel, jasa pos justru yang paling murah.

Namun saya bersyukur dengan ada banyaknya jasa pengiriman saat ini. Dengan begitu, kita sebagai pelanggan bisa memilih jasa pengiriman berdasarkan ongkir dan pelayanannya.

Adapun untuk membandingkan tarif ongkir masing-masing kurir, bisa dicek melalui cara di atas. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *