Jangan Pilih Shut Down and Update, Boros Waktu

June 18, 2018
Window 8 dan Window 10 memiliki pengaturan untuk melakukan update otomatis saat terhubung ke internet melalui wifi. Pengaturan ini tidak bisa dirubah dan biasanya terjadi di latar belakang.

Setelah download update selesai dan pengguna ingin mematikan komputer atau laptop, biasanya ada pilihan Sleep, shut down and update, restart and update.

Karena merasa sudah selesai menggunakan laptop, pengguna cenderung memilih shut down and update. Padahal ini adalah pilihan yang SALAH.

Mengapa saya mengatakan ini adalah pilihan yang salah? Karena besok harinya ketika akan menggunakan laptop pengguna akan berhadapan dengan sesuatu yang sangat menyebalkan.

Ceritanya, kemarin malam, saya memilih shut down and update saat mematikan laptop. Karena saya pikir ituah pilihan yang biasanya dilakukan.

Siang ini saya menghidupkan laptop karena ingin mengetik. Namun begitu dinyalakan, laptop tersebut harus meneruskan update program terlebih dulu.

Saya pikir update tersebut hanya berlangsung sebentar. Ternyata saya harus menunggu selama hampir dua jam. Ide yang ingin saya ketik rasanya menguap karena kelamaan menunggu. Saya pun tidak jadi mengetik dan hanya bermain HP.

Jangan Pilih Shut Down and Update, Boros Waktu

Oleh karenanya, jika tidak ingin mengalami kejadian serupa, maka pilihlah restart and update pada saat selesai menggunakan laptop. Proses update akan benar-benar diselesaikan pada waktu itu selama kita tidak memerlukan laptop tersebut. Kita bisa meninggalkan laptop dan mengerjakan yang lain saat proses update berlangsung. Setelah benar-benar selesai, baru shut down PC dengan benar.

Keesokan harinya, saat laptop akan digunakan, Anda tidak perlu menunggu proses update yang memakan waktu lagi. Laptop Anda sudah siap untuk langsung digunakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
June 20, 2018 at 12:51 PM delete

perhatikan juga kuota, kalau updatenya pakai hotspot di HP, bisa-bisa data habis ke sedot sama windows 10 yang gak permisi lagi waktu update. :) #pengalaman pribadi

Reply
avatar
June 21, 2018 at 8:16 PM delete

Bener banget. Saya juga pernah mengalamihal serupa 😌

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *