Menulis Cara Curang di Blog Sama Dengan Mengaku pada Google

Kadang saya heran sendiri saat membaca beranda Google Plus. Ada saja orang-orang yang mengajarkan cara curang untuk meningkatkan penghasilan adsense. Artikel ditulis sedemikian rupa dan diberi judul-judul yang menggiurkan.

Terbaru, judul yang saya peroleh berbunyi:

Cara Nuyul Admob Anti Banned


Beberapa artikel sejenis bahkan bisa muncul di hasil penelusuran Google pada halaman depan.

Ada beberapa hal yang menjadi pemikiran saya terhadap orang yang mengajarkan dan menulis cara tersebut.

Yang paling utama sekali adalah orang tersebut mencoba meraih keuntungan dengan perbuatan yang merugikan orang lain. Dalam hal ini adalah publisher. Orang tersebut rupanya tidak peduli dari mana rezeki yang dia peroleh. Yang penting pendapatannya meningkat. Padahal hal itu jelas perbuatan yang tercela.

Setelah berbuat curang, dia menambahkannya dengan mengajarkan caranya kepada orang lain. Dengan menulis di blog di mengajak orang lain untuk mempraktekkan cara yang sama. Seakan-akan dia telah berubah menjadi orang yang baik hati dan berbagi ilmunya dengan sesama blogger.

Tanpa disadari penulis tersebut telah berbuat sombong dan suatu saat akan terjerumus karena kesombongannya.

Sebutlah cara yang diajarkannya adalah ampuh dan menurutnya anti banned. Tapi sadarkah ia, bahwa artikel yang ditulis diblog, dishare di Google plus, kemudian diindeks oleh Google. Dengan kata lain, ia mengaku telah berbuat curang kepada Google.

Google memang mesin. Adsense adalah program. Tapi dibelakang itu semua ada manusia berakal yang bekerja di belakangnya. Tidak ada cara curang yang ampuh, apalagi jika dibeberkan di blog. Para otak di belakang Google akan memberantas berbagai kecurangan tersebut.

Maka adalah sangat aneh bagi saya, perihal orang-orang yang menulis cara curang terhadap google adsense. Bahkan menulisnya di blogspot kepunyaan Google sendiri. Apakah dia mengira tuan rumah tidak tahu apa yang dibicarakan para tamunya.

Yang lebih mengenaskan dari itu semua, tindakan publisher curang tidak hanya berdampak negatif pada diri sendiri. Tapi juga bisa menyebabkan publisher jujur terkena dampaknya. Publisher Indonesia menjadi jelek di mata Google. Selain itu, untuk mengatasi kecurangan Google dan Adsense biasanya akan mengeluarkan peraturan baru yang berdampak kepada semua publisher.

Oleh karena itu, kepada sesama blogger dan publisher, lebih baik kita berbuat jujur. Tidak usah tergoda dengan artikel yang mengajarkan kecurangan me skipun judulnya sangat menggoda. Ketika artikel tersebut terbit di internet, rahasia mereka sudah terbuka. Tak usah ikut-ikutan hancur bersama mereka.

Be honest and happy blogging.
Baca Juga

Post a Comment

9 Comments

  1. siap itu yang bikin artikel? dari anggota IAPD ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kurang tahu. Nemunya di komunitas lain sih.

      Delete
  2. Bentul sekali bu Guru... semangat mencari uang boleh, asalkan halal dan tidak melalui jalan curang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita terhindar dari perilaku curang,,,

      Delete
  3. Wah kemaren sempet bikin artikel buat email tanpa No termasuk curang gak ya.. no nya sering mati hihi

    ReplyDelete
  4. 1. kOK artikelnya ngk nambah2 Mbak, hihihi...cibuk yach. :)

    2. Semoga yang membuat konten cara curang menjadi insaf. Amin

    3. Semoga Admin situs ini selalu berkarya dan dilimpahi rezeki.Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Akhir-akhir ini lagi sok sibuk nih. Jadi update artikelnya balik ke jadwal yang dulu, setiap hari Senin 😊

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar