Tips Travelling, Bawalah Buku Nikah Saat Liburan

Dulu yang masuk dalam daftar penting yang harus dibawa saat liburan bagi saya adalah KTP dan ATM.

KTP sebagai tanda pengenal akan diperlukan pada saat-saat tertentu dan tak terduga. Oleh karenanya harus selalu ada di dalam dompet. Apalagi jika saat liburan dan pergi ke tempat yang jauh.

Kartu ATM meskipun jarang digunakan karena sudah ada mobile banking tetap perlu dibawa. Ada saat-saat dimana pembayaran harus dilakukan dengan uang tunai. Dan saat uang tunai tidak cukup, beberapa tempat masih menerima pembayaran dengan kartu ATM. Tinggal gesek.

Sejak perjalanan pertama keluar negeri, maka dokumen yang harus dibawa bertambah dengan passport. Paspor menjadi dokumen penting yang harus dibawa jika keluar negeri. Kedudukannya menggantikan posisi KTP. Sedangkan ATM posisinya tidak tergeser.

Setelah menikah, ternyata ada satu dokumen lagi yang penting dibawa saat liburan, yaitu Buku Nikah.

Tips Travelling, Bawalah Buku Nikah Saat Liburan

Ada ada dengan buku nikah?

Buku Nikah adalah dokumen penting yang menyatakan bahwa dua orang yang berbeda jenis kelamin telah terikat secara sah sebagai suami dan isteri melalui pernikahan.

Jika ada pasangan suami isteri yang melakukan perjalanan liburan ke daerah lain, ada masanya mereka harus menunjukkan bukti berupa buku nikah.

Salah satu tempat yang akan meminta suatu pasangan untuk menunjukkan buku nikah adalah hotel atau penginapan.

Tidak semua hotel di Indonesia yang mewajibkan pasangan untuk menunjukkan buku nikah sebelum chek in. Tapi beberapa hotel, terutama hotel syariah akan meminta pasangan untuk menunjukkan buku nikah sebelum chek in dalam kamar yang sama.

Sebuah hotel syariah di Kalsel bahkan begitu ketat dengan peraturan ini. Meskipun pasangan tersebut ngotot bahwa mereka adalah suami isteri, dengan penampilan dan busana yang meyakinkan, jika tidak bisa menunjukkan buku nikah maka tidak akan bisa chek in di kamar yang sama.

Pilihannya adalah chek in di kamar yang berbeda atau pergi ke hotel lain yang mau menerima. Atau mungkin bisa menginap di rumah keluarga atau kenalan yang tidak akan meminta bukti berupa buku nikah.

Tidak mau kan liburan jadi berantakan hanya karena tidak bisa satu kamar dengan pasangan sah Anda.

Oleh karenanya jika Anda adalah pasangan suami isteri yang sedang berencana untuk liburan, masukkan buku nikah sebagai salah satu dokumen yang wajib dibawa.

Selamat liburan.
Baca Juga

Post a Comment

9 Comments

  1. iya benar nish, saat jalan-jalan dan menginap dihotel dan lain sebagainya biasanya ditanya sama petugasnya kalau bawa pasangan cewek atau cowok. jadi kalau bawa buku nikah ini jadi lueluasa liburannya

    ReplyDelete
  2. Di aceh, 98% penduduknya islam dan menganut syariat islam, buku nikah selalu diutamakan. Mau lewat tanpa ditanyain buku nikah? Gendongin anak, kelarrr...

    :-d

    ReplyDelete
  3. itulah pentingnya bawa buku nikah kemana-mana sama si bini.. kalau pas nginap di hotel ada satpol PP bisa aman ..hehe

    ReplyDelete
  4. Pinjem bukunya mbak 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus yg satu ini, gunakan buku milik sendiri 😊

      Delete
    2. Hihi kirain bolleh pinjem 😂😂

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar