Pengalaman Beli Tiket Pesawat di Airy, Perbandingan dengan Traveloka

April 12, 2018
Setelah membiarkan keinginan yang maju mundur. Antara mau berangkat atau tidak. Setiap hari pantau tiket pesawat. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Makassar.

Kali ini, karena termakan iklan, saya mencoba pengalaman pertama beli tiket pesawat di Airy rooms.

Perbandingan Harga Tiket Pesawat di Airy Rooms

Selama ini saya sudah terbiasa beli tiket pesawat di Traveloka. Tapi karena hampir setiap hari melihat iklan Airy, maka saya pun mencoba beli tiket pesawat lewat aplikasi ini.

Harga tiket pesawat di Airy ternyata lebih murah daripada Traveloka. Walau pun selisihnya tidak jauh. Antara 1000 sampai 5.000 rupiah.

Pengalaman Beli Tiket Pesawat di Airy, Perbandingan dengan Traveloka

Perbandingan Metode Pembayaran

Ada beberapa metode pembayaran yang ditawarkan. Saya sendiri lebih terbiasa menggunakan metode transfer. Sayangnya Airy belum menyediakan rekening BNI atau BRI untuk pembayaran transfer. Oleh karenanya saya menggunakan metode transfer antar bank.

Dengan kata lain, selisih harga yang lebih murah beberapa ribu menjadi ongkos untuk biaya transfer.

Perbandingan Waktu Pembayaran

Jika menggunakan Traveloka, saya memiliki waktu 2 jam lebih antara waktu booking dan pembayaran. Setidaknya saya punya waktu lebih untuk berpikir apakah jadi berangkat atau tidak. Selain itu juga tersedia waktu untuk pergi ke ATM bagi yang tidak punya mobile banking.

Sedangkan Airy hanya memberi saya waktu sekitar 40 menit untuk melunasi pembayaran. Saya seakan diburu waktu untuk segera menyelesaikan transaksi. Untungnya saya menggunakan mobile banking. Jadi semua bisa diselesaikan hanya dengan menekan tombol smartphone.

Perbandingan Pengiriman Etiket

Alhamdulillah setelah transaksi berhasil, etiket langsung dikirimkan. Saya mendapat kiriman etiket di aplikasi dan juga alamat email.

Jika menggunakan Traveloka, selain dikirim ke aplikasi dan email, etiket juga dikirim lewat SMS.

Tapi menurut saya pemberitahuan di aplikasi dan email sudah cukup memadai.

Perbandingan Menu Reschedule

Terdapat menu pelayanan 24 jam berupa chat. Tapi menu reschedule seperti yang ada di Traveloka belum ada. Dalam hal ini Traveloka masih lebih unggul dengan kemudahan reschedule yang diberikan.

Karena kejadian tidak terduga, liburan saya terpaksa dibatalkan. Saya pun harus menelpon untuk membatalkan penerbangan.

Perbandingan Rute Penerbangan

Saat ini Airy hanya melayani penjualan tiket penerbangan domestik. Untuk penerbangan internasional belum tersedia.

Sedangkan Traveloka menyediakan semua rute penerbangan domestik, termasuk rute internasional.

Perbandingan Promo

Karena saya memiliki riwayat mengunjungi website Airy Rooms maka iklan Airy sering muncul. Baik lewat iklan Google Adsense maupun iklan di Facebook. Sayangnya pihak Airy tidak memperbaharui format iklan Airy yang sering muncul di Facebook. Iklan yang muncul di facebook menampilkan promo potongan 35% untuk penerbangan pertama. Padahal kode promo tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Memang terdapat bentuk promo yang lain. Dan promo yang valid adalah yang muncul saat membuka aplikasi Airy atau situs resminya langsung. Bukan promo yang ada pada iklan di Facebook.

Karena promo Airy dan Traveloka sering berubah sewaktu-waktu. Silakan dibandingkan sendiri promo yang ditawarkan saat beli tiket pesawat.

Kesimpulan

Saat ini menurut saya Traveloka masih lebih unggul untuk pembelian tiket pesawat terbang. Terutama dengan adanya menu reschedule. Mungkin juga karena Traveloka sudah lebih dulu berada dalam bisnis ini. Meskipun begitu, tidak ada salahnya beli tiket pesawat lewat Airy, karena harganya juga cukup bersaing.

Namun, jika tiketnya dibelikan oleh orang lain, terserah aja deh, belinya dimana. Jadi, siapa yang mau membelikan saya tiket pesawat?

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
April 12, 2018 at 12:38 PM delete

baca artikelnya bikin baper, saya belum kesampaian naik pesawat.

Reply
avatar
April 12, 2018 at 5:58 PM delete

Semoga Mas Andi sekeluarga segera naik pesawat, langsung berangkat umroh.

Reply
avatar
Mayuf
AUTHOR
April 12, 2018 at 8:28 PM delete

Wah bermanfaat banget mba, saya yang belum nyoba dua"nya jadi tau antara perbedaan dari dua tempat pembelian tiket pesawat, hehe

Reply
avatar
April 13, 2018 at 3:26 AM delete

Alhamdulillah, senang bisa berbagi,,,

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *