Mengapa Saya Belum Beralih ke 4G

Saya kembali mendapat SMS notifikasi dari Telkomsel. Kali ini merupakan himbauan untuk berganti kartu ke 4G Telkomsel di GraPARI terdekat dengan biaya Gratis dan iming-iming ekstra kuota sampai dengan 5GB. Seperti biasa SMS tersebut saya abaikan saja.

Mengapa saya belum beralih ke 4G?

Padahal saya suka sekali menulis tentang teknologi. Mungkin terasa aneh jika ternyata saya masih bertahan dengan 3G. Tapi begitulah kenyataannya. Tentu saja ada beberapa alasan yang mendasarinya.

Mengapa Saya Belum Beralih ke 4G

HP Android Saya Belum Support LTE

Saat ini saya menggunakan HP Vivo Y31 yang belum mendukung jaringan LTE atau 4G. Saat dulu memutuskan membeli android ini, promosi 4G belum segenjar sekarang. Waktu itu saya berpikir bukanlah masalah membeli HP yang belum support LTE. Lagi pula saat itu budget saya memang di bawah 2 juta.

Sekarang, promosi 4G dimana-mana. Harga kuota 4G juga jauh lebih miring. Sangat menggiurkan bagi kebanyakan orang.

Sayangnya saya bukanlah tipe orang yang akan membeli HP baru selama HP yang ada masih bagus dan layak digunakan. Saya masih bisa mengirim SMS dan melakukan panggilan telepon dengan lancar. Internetan meskipun hanya dengan jaringan 3G bukanlah masalah. Saya masih bisa update blog dan baca artikel kapan saja.

Selain itu, HP Vivo ini memorinya bagus sekali. Meskipun ada lebih dari 60 aplikasi yang saat ini terinstal di HP saya, programnya tetap berjalan lancar. Belum ada keluhan.

Oleh karena itu saya belum ada niat untuk beli HP baru. Iklan 4G belum cukup untuk memotivasi saya

Sinyal 4G Belum Mencapai Lokasi Tempat Tinggal Saya

Alasan berikutnya yang tidak kalah penting adalah, tempat tinggal saya belum dicapai oleh sinyal 4G. Jadi sia-sia saja jika saya punya kuota dan HP yang mendukung 4G namun sinyalnya tidak ada.

Saya memang tidak tinggal di desa terpencil, tapi saya juga tidak tinggal di kota. Untuk listrik dan sinyal 3G sudah sangat bagus di sini. Hanya saja sinyal 4G memang belum sampai.

Adapun di tempat kerja saya sudah didukung oleh sinyal 4G. Tapi biasanya saya menggunakan paket data internet di rumah. Oleh karenanya keberadaan sinyal 4G di tempat tinggal saya yang jadi faktor penentu.

Karena dua alasan di atas lah saya belum beralih ke 4G. Jika salah satu alasan di atas mengalami perubahan, bisa jadi saya akan beralih ke 4G. Untuk saat ini cukup bersyukur dengan apa yang ada.

15 comments

  1. Seandainya saya bisa kirim sinyal 4G, Saya rela bagi sinyal 4G-nya untuk Mbak, biar tambah cemungutz internetannya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas niat baiknya, Kang. Meskipun belum pake 4G saya tetap semangat internetan, hehe.

      Delete
  2. 1) nasibnya sama seperti saya, hp-nya belum support 4G dan saya juga ga mau ganti hape selama yang ada masih bisa dipake. Bahkan si Asus T00N itu warisan dari si kribo.. hahahahaha.. dia ganti Xiaomi dan daripada ga dipake, ya saya gunakan saja. Jadi, selama hape itu masih berfungsi untuk WA dan nelpon .. sudah lebih dari cukup. Mau 4G sampe 8 G.. selama masih bisa dipake, ya ga akan beli

    2) Mungkin ada bagusnya NIsa membuat tulisan, efek pernikahan terhadap semangat ngeblog.. hahahahaha dulu sebelum nikah 1 minggu sekali, dan sekarang.. tidak cuma setiap senin saja ada tulisan baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kata Mister Anton pd point no 2.

      Saya dukung dng memberikan usulan sebuah judul " Cara Menulis setiap hari walau sudah Menikah " atau " Setelah Menikah Saya Rajin Menulis, ini rahasianya " .

      semoga berkenan, hahahah..... :)

      Delete
    2. Hahaha,,, sampai dibikinkan judul artikel segala.

      Hmm,,, sebenarnya saya rajin menulis saat suami ngga ada di rumah. Bosan nungguin, saya malah menulis, hehe.

      Delete
  3. coba mbk, desa terpencil itu daerah mana ? mosok ta signal 4G belom ada :( , saya saja di daerah terpencil II sudah terjangkau 4G, walaupun hape saya belum support 4G masih 3G ... barokah ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tinggal di Kalsel. Beberapa daerah, seperti desa kahelaan tempat nenek saya, bahkan sinyal hp biasa susah banget.

      Tempat saya sih tidak terpencil,,, tapi entah kenapa sinyal 4G ngga lewat sini,,, hehe.

      Walaupun jarak bbrp km dr rumah saya sudah ada 4G. Tapi masa saya pindah rumah demi sinyal 4G.

      Delete
  4. Betul juga, klo semua belum support ngapain upgrade ya... Ngabisin waktu ke grapari juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanggung banget. Kecuali salah satu faktor di atas berubah. Mungkin saya akan upgrade ke 4G.

      Delete
  5. 4gdan3g saya kira sama aja, kalo pas gak ada sinyal ya lemot hehe

    Cuma bedanya mungkin karna 4g lagi ada promo jadi bisa lebih murah

    ReplyDelete
  6. Sama mbak, jangankan 4g 3g aja jarang ada sinyal, trus hpnya juga gk bisa 4g an 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhmadulilkah kalo sinyal 3G lumayan bagus di tempat saya. Kita syukuri saja apa yg dimiliki saat ini. Semoga nanti diberi yang lebih baik.

      Delete
  7. saya malah sudah ganti kartu Xl saya dari 3g ke 4g, tanpa ke gerai XL cuma beli kartu dan liat tutorial aja.

    tapi sayang hp belum support 4G, karena waktu itu gak tau. mau ganti HP sayang karena ini hadiah ulang tahun dari kumendan. dan HP OPPO neo-5 saya masih berfungsi dengan baik. selalu siap menemani saya berwisata.

    biarpun masih 3G, yang penting internetan lancar.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon