Cara Mengukur Jarak Dengan Google Maps di Android

April 23, 2018
Beberapa waktu yang lalu, seseorang mengupdate status di facebook dan menyatakan bahwa dirinya telah berjalan sejauh 1 Km menuju Mushalla Ar Raudhah untuk menghadiri Haul Abah Guru Sekumpul. Bagi saya yang orang biasa, hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah. Karena hari itu, mobil dan motor memang dilarang masuk. Semua orang diharuskan berjalan karena Sekumpul dipenuhi oleh lebih dari satu juta orang.

Tapi status tersebut memperoleh banyak komentar yang menyatakan bahwa orang tersebut berjalan tidak sejauh itu. Ada yang menyatakan hanya 150 m, 200 m, dan paling jauh mengatakan paling cuma 400 m. Berbeda dengan kebanyakan jemaah yang memang harus jalan kaki. Orang tersebut dikawal dengan mobil dan bisa masuk ke Jl. Pendidikan. Banyak saksi mata yang melihat lokasi orang tersebut turun dan mulai berjalan kaki.

Saya sendiri, meskipun juga berada di Sekumpul, tidak melihat langsung kedatangan orang tersebut. Saya hanya bisa menonton di TV Ar Raudhah yang menyiarkan secara langsung saat orang tersebut sudah memasuki mushalla.

Meski begitu saya juga penasaran dengan kebenaran cerita tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mengukur jarak dari Jl. Pendidikan ke Kubah Guru Sekumpul melalui aplikasi Google Maps di android.

Cara Mengukur Jarak Dengan Google Maps di Android

Buka aplikasi Google Maps
Ketikkan lokasi tujuan, misalnya Makam (Kubah) Abah Guru Sekumpul


Klik Petunjuk Arah


Klik Lokasi Anda,

Pilih titik awal, pilih di peta


Geser dan zoom peta pada pin, kemudian letakkan pin pada lokasi yang diinginkan
(Saya meletakkan pin pada salah satu ruas Jl. Pendidikan)
Klik Oke


Di Google Maps terdapat pilihan waktu tempuh, baik untuk mobil, motor, maupun pejalan kaki. Jarak yang harus ditempuh juga diperlihatkan di sana.

Cara Mengukur Jarak Dengan Google Maps di Android

Berdasarkan Google Maps saya memperoleh bahwa jarak dari Jl. Pendidkan No.3 ke Makam Abah Guru Sekumpul sejauh 350 m jika dilewati melalui Gang Ri'ayah. Adapun musholla Ar Raudah lokasinya bersebelahan dengan Kubah.

Berhubung saya tidak tahu dimana persisnya orang tersebut turun dari mobilnya, maka jarak di atas hanyalah perkiraan. Selain itu Abah Guru Sekumpul mengajarkan untuk tidak berburuk sangka kepada orang lain.

Selain dengan mengetikkan lokasi tujuan, kita juga bisa mengukur jarak dengan meletakkan Pin pada lokasi yang ingin dituju.

Demikianlah cara mengukur jarak dengan Google Maps di Android. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
April 24, 2018 at 7:44 AM delete

Saya enggak tau google akurat apa enggak, tapi saya juga suka mengukur jarak buat perkiraan aja.

orang tersebut orang terkenal ya? sampai jadi sorotan begitu.

tapi memang kita harus berbaik sangka. siapa tau beliau orang jalannya muter-muter akibatnya jarak tempuhnya jadi 1 km. :)

Reply
avatar
April 24, 2018 at 11:56 AM delete

Orang tersebut terkenal banget, Mas, makanya namanya tidak disebutkan. Nanti semua pembaca jadi tahu.

Tapi sebenarnya yg nulis status pasti bukan dia juga sih, tapi orang2 yang ditunjuk melaksanakan tugasnya. Dia mah mana sempat.

Ups. Jadi ngelantur. Google maps memang memudahkan ya,,,

Reply
avatar
Kang Nata
AUTHOR
April 24, 2018 at 8:36 PM delete

Google Maps belum tentu benar terutama nama sebuah jalan, saya pernah survei nama2 jalan dikota saya, namanya berbeda dari yg tertera diGoogle dan dilapangan.

Nah perbedaan inilah ,celah yg menguntungkan buat kita sebagai blogger, krn kita bisa membuat konten dng sebenarnya.

Ngomong2....hari ini tdk update artikel yach mbak... :)

Reply
avatar
Teguh 1978
AUTHOR
April 26, 2018 at 10:20 PM delete

betul mbk , jaman modern :) gak tahu tempatnya ada pemandu Google Map , coba main ke solo mbk , pakai map loooh .. banyak jalan satu arah , kadang map enggak fix :( ... inilah yang bikin masalah, bisa urusan sama pak polisi dong hi hi hi ...

Reply
avatar
April 27, 2018 at 11:10 AM delete

Google maps sendiri masih banyak menerima bantuan pengguna untuk penamaan tempat-tempat tertentu. Daerah terpencil nama jalan memang masih banyak yg salah. Tapi lumayan lah buat perkiraan.

Reply
avatar
April 27, 2018 at 11:11 AM delete

Saya paling puyeng dengan jalan satu arah. Apalagi naik motor sendiri. Tapi kalo ada yg nyupirin, enak juga kayanya,,,

Reply
avatar

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar EmoticonEmoticon

Contact Form

Name

Email *

Message *