Kelebihan dan Kekurangan Terbang dengan Jet Star

Jet Star bukanlah pesawat maskapai penerbangan Indonesia. Tapi cukup terkenal bagi yang sering pergi ke Singapura. Mungkin karena Jet Star adalah maskapai luar negri. Alasan lainnya adalah karena tiket murah yang ditawarkannya.

Saya sendiri memilih terbang dengan Jet Star karena harga tiketnya yang murah. Sangat cocok bagi para backpacker karena harga tiket tanpa bagasi jauh lebih murah. Berhubung saya dan adik tidak sekedar mengincar tiket murah, maka kami tetap membayar untuk biaya bagasi supaya bisa bawa koper.

Karena saya memesan tiket melalui aplikasi Traveloka, semua pembayaran saya lakukan melalui aplikasi, termasuk tambahan biaya bagasi. Meskipun Traveloka menyediakan menu refund, ternyata pemesanan pesawat Jet Star tidak menyediakan fasilitas refund.

Kelebihan dan Kekurangan Terbang dengan Jet Star

Sebagaimana penerbangan ke luar negeri lainnya, kami harus melewati imigrasi terlebih dahulu. Antrian panjang bersama dengan penumpang lain yang kebanyakannya berangkat umroh. (Saya juga ingin berangkat umroh pada kesempatan selanjutnya).

Saya sempat merasa mual saat berada di pesawat. Mungkin karena cara terbangnya tidak mulus menurut saya. Saya sempat berdiri dan pergi ke toilet untuk muntah. Namun tidak ada yang saya keluarkan dan kembali ke tempat duduk. Jika dibandingkan dengan pesawat Lion Air yang sering saya tumpangi. Saya dapat dengan mantap berpendapat bahwa penerbangan dengan Lion Air lebih nyaman.

Di tengah perjalanan, pramugari membagikan kertas isian yang berguna nantinya saat memasuki pemeriksaan imigrasi di Singapura. Karena mual yang saya rasakan, kertas tersebut sempat tidak saya acuhkan dan disimpan saja. Saat merasa agak baikan, saya coba mengisi walaupun banyak terputus-putus.

Akhir 2015, saat berangkat ke Singapura juga, saya tidak memperoleh kertas isian ini saat terbang dengan Lion Air. Saat tiba di Changi Airport dan akan melewati imigrasi baru saya memperoleh kertas ini dan mengisinya di sana. Apakah ini kebijakan baru dari Singapura yang membagikan form ini di pesawat, atau kebijakan dari maskapi Jet Star, saya tidak tahu.

Setelah penerbangan yang melelahkan selama 1 jam 50 menit, akhirnya kami tiba di bandara Singapura. Sebelum mengambil bagasi, kami masih harus melewati ujian, yaitu antrian imigrasi yang sangat lama. Antirannya mengalahkan jemaah umroh saat di bandara Soekarno Hatta.

Demikianlah pengalaman saya terbang bersama Jet Star. Jika ditarik kesimpulan, inilah kelebihan dan kekurangan terbang bersama Jet Star

Kelebihan

- Harga tiket lebih murah
- Lebih hemat bagi yang tidak membawa bagasi (backpaker)
- Form isian imigrasi dapat langsung diisi di pesawat untuk menghemat waktu

Kekurangan

- Harus membayar biaya tambahan bagi yang ingin membawa bagasi
- Tidak bisa refund
- Penerbangannya kurang nyaman dan bisa menyebabkan mabuk bagi yang tidak terbiasa.

Apabila saya akan melakukan penerbangan lagi ke luar negri, mungkin saat akan mencoba memilih pesawat yang berbeda. Karena sepertinya saya lebih mengutamakan kenyamanan daripada sekedar harga murah.
Baca Juga

Post a Comment

12 Comments

  1. CUKUP berat yach Mbak Antriannya. :)

    tapi sepertinya cukup asyik juga yach,,, liburannya, sepertinya kalau disambungkan dng blog Ayyaamii kayaknya melahirkan sebuah cerita yang panjang.

    dari pergi naik angkot ke bandara, wisata ke Singapura , hingga akhirnya antri di Bandara.

    sepertinya ceritanya belum habis...pasti ada cerita lainnya yang akan segera menyusul seputar liburannya.

    apakah betul ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya, ceritanya memang panjang. Tapi nulisnya suka malas. Kalo ada mood, saya sambung ceritanya. Mungkin dimasukkan dalam blog ini, atau blog yang satunya :)

      Delete
  2. Hehe baru nemuin mbak pesawat jet star... ak br denger dan baca dari website ini kak.. ia kak lebih baik aga mahal dkit tp kualitasnya bagus ya kak... daripada cukup terjangkau tapi jalan2 jadi kurang menyenangkan karena harus antri berjam-jam.. tapi main k sg merupakan salah satu pengalaman yang menyenangkan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi tetap harus sesuai budget juga =D

      Alhamdulillah, dapat pengalaman dalam setiap perjalanan.

      Delete
    2. iya mbak.. saya juga baru nemu pesawat jet star hehe
      kira kira penampakannya sprti gimana ya mbak?

      Delete
    3. Soalnya bukan pesawat domestik, hanya ada untuk penerbangan internasional :)

      Delete
  3. kapok saya mah kali kalau naik pesawat ini, sebab bayangin aja udah mau muntah saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, tiap orang beda-beda sih. Adik saya disamping biasa aja pas di pesawat.

      Delete
  4. maringenet.. kayakx saya baru pertama kali y mampir di blog ini..
    salam kenal ya..

    blognya kece.. sukak... simple.. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Terima kasih sudah mampir di blog sederhana ini :)

      Delete
  5. Form isian imigrasi biasanya memang sudah diberikan di pesawat Mbak..untuk hemat waktu dan bikin penumpang enggak buru-buru saat mengisinya di tempat tujuan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mba Dian memang lebih pengalaman ke luar negri ya,,, :)

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar