Google Domain Kini Tersedia di Indonesia

Setelah satu minggu tidak membuka berranda blogger ada sesuatu yang baru menyambut saya. Google menawarkan salah satu produk terbaru nya yaitu Google Domain versi Beta.

Meskipun masih dalam versi Beta, Google Domain sebenarnya bukanlah layanan yang sangat baru. Google Domain sudah dibentuk sejak tahun 2015, namun saat itu hanya domain dapat dibeli oleh orang yang tinggal di USA atau Amerika. Sedangkan yang dari Indonesia hanya dapat mengakses google domain namun tidak dapat melakukan pembelian.

Saat ini Google Domain sudah tersedia di Indonesia. Tidak hanya dapat diakses, namun blogger Indonesia juga sudah bisa melakukan pembelian domain di Google Domain.

Pilihan Domain dan Harga di Google Domain

Ada banyak pilihan domain yang di tawarkan sepert .com, .net, .biz, .info, dan lain sebagainya. Pilihannya lengkap sebagaimana penyedia layanan domain lainnya

Harga yang ditawarkan juga beragam tergantung jenis domain TLD yang dipilih. Harga termurah saat ini sekitar Rp 165.930/per tahun untuk domain .com atau pun .net. Ada juga yang sampai Rp 1.659.210/tahun untuk domain .accountants.

Jika dibandingkan dengan penyedia layanan domain yang lain, menurut saya mungkin harganya agak lebih mahal. Tapi jika dibadingkan dengan layanan yang ditawarkan wordpress, menurut saya harganya kurang lebih saja, atau bahkan lebih murah.

Dapat diakses di menu blogger

Para blogger dapat dengan mudah mengakses menu google domain dari beranda blogger. Cukup dengan mengklik menu setelah, maka akan ada pilihan untuk membeli domain.


Salah satu kelebihan yang diharapkan dari pembelian domain lewat google domain adalah kemudahan dalam mapping atau pengaturan domain untuk mengalihkan domain blogspot ke TLD.

Bagi yang masih mempertimbangkan untuk beli domain dimana, mungkin bisa menjadikan Google Domain sebagai salah satu alternatif pembelian domain.

Selain itu sebelum memutuskan untuk melakukan custom domain ke TLD bisa mempertimbangkan kelebihan dan keuntungannya.


Demikianlah kabar terbaru mengenai Google Domain yang sudah tersedia di Indonesia. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments