Cara Aman Beli Tiket Pesawat Online

Saat ini, kebutuhan akan transportasi penerbangan semakin meningkat. Berbagai fasilitas untuk mendapatkan tiket secara mudah pun banyak tersedia. Jika dulu untuk membeli tiket pesawat seseorang harus pergi ke travel penjualan tiket, sekarang hal itu dapat dilakukan dengan cukup duduk manis di depan komputer rumah, dengan kata lain secara online.

Berbagai situs penjualan tiket online pun marak di internet. Selain menawarkan kemudahan, hal yang paling menggiurkan adalah tawaran tiket murah. Berbagai situs tersebut pun berlomba untuk menarik pembeli. Bahkan ada yang menjadikan penjualan tiket pesawat sebagai bisnis sejenis MLM.

Dengan banyaknya situs yang menawarkan penjualan tiket online tersebut, pembeli yang awam pun menjadi ragu karena takut tertipu. Karena tidak semua penjualan online terjamin keamanannya.

Untuk menghindari penipuan dalam pembelian tiket online, ada baiknya dipahami mekanisme pembelian tiket secara online.

Pada dasarnya situs-situs yang menawarkan tiket murah di internet yang banyak bertebaran adalah pihak ketiga sejenis travel penjualan tiket yang biasanya ada dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaannya adalah, transaksi berlangsung secara online sehingga kita tidak bertemu langsung dengan penjualnya.

Jika di travel, setelah melakukan pembayaran, kita akan langsung menerima tiket yang kita beli, sehingga transaksi ini aman dari penipuan. Sedangkan jika kita membeli secara online melalui biro penjualan tiket, kita harus mentransfer dulu uang pembayaran harga tiket, setelah kita konfirmasi pembayaran telah dilakukan, baru e-tiket akan dikirim kepada kita melalui email. Waktu jeda antara pembayaran dan pengiriman e-tiket inilah yang menjadi waktu kritis. Apakah e-tiket akan dikirim atau kita tidak mendapatkan apa-apa alias ditipu. Di sinilah keadaan rawan yang tidak aman tersebut.

Sebenarnya proses ini adalah sesuatu yang lumrah dalam pembelian online, di mana harga dibayar di muka, kemudian barang akan dikirim. Cara terbaik untuk mengantisipasinya adalah harus benar-benar mengenal kredibilitas pihak penjual.

Kembali kepada cara aman membeli tiket pesawat online, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan aman, yaitu dengan membeli secara online langsung di website maskapai penerbangan yang diinginkan. Misalnya membeli tiket pesawat lion air langsung dari website lion air. Pada saat kita memutuskan untuk melakukan pembelian dan melakukan pembayaran misalnya lewat ATM, maka struk ATM yang kita terima memiliki fungsi yang sama dengan tiket dan bisa digunakan untuk chek in di bandara.

Dengan kata lain, proses yang terjadi secara langsung. Setelah pembayaran dilakukan, kita langsung menerima bukti pembayaran yang dapat berfungsi sebagai tiket. Hal ini juga berlaku untuk maskapai penerbangan lain.

Kesimpulannya, cara paling aman beli tiket pesawat online adalah dengan membeli langsung pada website resmi maskapai penerbangan tersebut.

Cara Aman Beli Tiket Pesawat Online

Berikut adalah situs resmi beberapa maskapai penerbangan di Indonesia.


Semoga bermanfaat.

10 comments

  1. Mbak tukar link yuk? Link-nya sampean udh saya pasang diblog saya, silahkan chek >> http://www.berwawasan.com/p/blog-page_23.html.
    Senang bisa berteman :)

    ReplyDelete
  2. betul sekali memang cara membeli online di website maskapai adalah yang paling aman. Namun yang perlu diingat adalah sering kali konsumen mengeluhkan kertas ATM yang kalau disimpan akan menghilang tulisannya. Dan ini cukup mengganggu. Sehingga cara yang paling aman adalah membeli di travel agent yang anda kenali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membeli online maupun langsung di travel agent memiliki kelebihan masing-masing.

      Delete
  3. nice share mbak,, kembali bersua setelah lama tak kemari.. :)

    ReplyDelete
  4. Thks bgt mbak,,tutorial anda sgt berguna bt saya

    ReplyDelete
  5. Smg berguma bt yg lain jg,,

    ReplyDelete
  6. sangat bermanfaat bagi yang lain

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon