Cara Terbaik Menampilkan Popular Post di Blogspot

Popular post adalah artikel yang paling sering dikunjungi dengan pageview paling besar. Dengan menampilkan popular post pada blog, kita memberikan rekomendasi pada pembaca tentang artikel yang paling banyak dikunjungi oleh pembaca lainnya. Ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan kelebihan blog. Dan tentu diharapkan pageview blog pun akan meningkat.

Ada beberapa cara menampilkan popular post di blog. Secara garis besar ada 3 macam dan saya akan memberikan ulasannya sehingga akan diperoleh cara terbaik.

1. Popular Post Tanpa Thumbnail / Gambar

Cara ini hanya menampilkan judul dari artikel-artikel yang menjadi popular post. Secara tampilan mungkin kurang menarik karena hanya berupa tulisan. Tapi judul yang menarik akan tetap membuat pembaca penasaran meski tanpa gambar. Kelebihan utamanya adalah loading widget akan menjadi lebih cepat dibandingkan jika memuat gambar. Selain itu, cocok diletakkan pada sidebar yang sempit untuk menghemat tempat.

2. Popular Post Dengan Thumbnail / Gambar

Gambar bisa menarik perhatian pembaca dengan mudah. Dengan adanya gambar, judul yang mulanya kurang diperhatikan akan lebih diperhatikan. Waktu loading bukan masalah jika template blog dibuat ringan. Agar gambar muncul pada thumbnail, pastikan gambar pada artikel dihosting pada blog tersebut. Gambar yang dimasukkan dengan URL dari website lain biasanya tidak muncul pada Thumbnail.

3. Popular Post Dengan Thumnail dan cuplikan

Selain menampilkan gambar untuk menarik pembaca, penggalan paragraf pertama pada artikel juga ditampilkan. Selain judul, pembaca juga biasa membaca penggalan suatu artikel untuk memutuskan apakah ia berminat pada suatu artikel atau tidak. Untuk itu pastikan Anda membuat kalimat yang membuat pembaca penasaran di setiap awal artikel. Widget ini cocok diletakkan jika sidebar cukup lebar untuk menampilkan feeds dari blog.
Popular Post di Blogspot

Dari ketiga pilihan di atas, cara terbaik menampilkan popular post pada blog tergantung dengan blog masing-masing. Berikutnya silakan membuat popular post pada blog dengan cara berikut.

Kunjungi dasboard
Pilih Tata Letak
Klik Add Gadget
Cara Terbaik Menampilkan Popular Post di Blogspot

Pilih Popular Post
Menambahkan Popular Post di Blogspot

Pilih 7 hari terakhir (menurut saya ini bersifat lebih dinamis)
Pilih tampilan yang paling sesuai dan terbaik untuk blog Anda
Simpan
Mengatur Popular Post di Blogspot

Selanjutnya untuk mengoptimalkan tampilan mobile, Anda bisa mengatur agar popular post tampil di tampilan mobile.

Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

19 Comments

  1. Menarik dan bisa dicoba nanti.... terimakasih

    ReplyDelete
  2. Kunjungan pertama... + follow sukses...
    Mampir yah...

    ReplyDelete
  3. Nisa... Apa kabar? Artikelnya sangat bermanfaat, hehe selama 6 bulan ngeblog belum cuma manfaatin kategori HTML doang, yang lain ga paham apa fungsinya, langsung kupraktekkan ya tipsnya. Syukran ukhti :) miss u...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik. Nila Asyik ngeblog juga ya? Tulisannya banyak. Wah, yang pasti tulisanmu ngga cuma blog aja kan, buku juga. Miss u too

      Delete
    2. Alhamdulillah baru 6 bulan umur blognya, walau isinya banyakan ga jelas bin maksain nulis. Seneng deh baca blog-nya Nisa, soalnya banyak tulisan berjenis tutorial/tips. moga suatu saat bisa ketemu lagi ya..

      Delete
    3. Tidak apa-apa. Yg penting menulis. Sebenarnya saya punya satu blog lagi yg isinya curhat semua, hehe. http://nisa-days.blogspot.com

      Delete
    4. Sipp, lanjutkan Nisa :) nila dah baca, gaya nyeritainnya lugas dan tepat ke intinya.

      Nila jg ada satu lagi tapi dah lama banget ga dibuka krn banyak yg komentar spam, trus skrg dah nyaman sama blogspot.com jd pgnnya satu aja yg diupdate.

      Delete
    5. Iya, yg penting fokus. Saya juga mau fokus di 2 blog ini saja.

      Delete
  4. bagaimana caranya menampilkan populer post blog "A" ke blog"B" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mf, saya belum tahu. Mungkin yg lain bisa bantu,,,

      Delete
    2. Maaf, mbak annisa, izin bntu jawab.

      Untuk menampikan popular post blog A di Blog B hampir sama dg tutor diatas.

      Dasboard -- Tata Letak --> Add widget-->Gadget Lainnya --> ketik di search form '' Recent Posts '' Lalu klik + atau tambahkan..

      Settting dr blog mana saja yang akan dtamplkan.. & save.

      Thxs buat yg yg punya blog

      Delete
  5. Saya lebih suka menggunakan widget popular post tanpa cuplikan dan tanpa tumbnail, karena lebih tersusun rapi. Namun, untuk blog seperti software dan game, eksistensi popular post tumbnail menjadi sangat penting, sehingga perlu diterapkan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap blog memiliki kebutuhan yg berbeda,,,

      Delete
  6. trims pencerahanya... sampai ketemu yah

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar