Aplikasi WhatsApp Tidak Mengizinkan Screenshot Foto Profil

Saya melihat foto profil WhatsApp salah satu teman saya tampak imut. Ia menggunakan gambar kartun wanita muslimah berkacamata. Cocok dengan dirinya yang memang berkacamata. Karena gambarnya cantik, saya pun ingin menscreenshoot gambar tersebut. Ternyata saya malah menemui tulisan berikut:

Aplikasi ini tidak mengizinkan untuk mengambil screenshot

Saya mencoba mengambil screenshot beberapa kali tapi hasilnya tetap sama, yaitu tidak bisa mengambil screenshot foto profil di WhatsApp. Tapi jika kembali ke halaman profil, screenshot masih bisa dilakukan. Hanya pada foto profil saja yang gagal.


Entah apa alasan WhatsApp menghalangi pengambilan screenshot foto profil orang lain. Mungkin untuk mencegah penyalahgunaan gunaan atau pun alasan lainnya. Adapun screenshot foto profil akun sendiri tetap bisa dilakukan.

Profil WhatsApp


Karena masih penasaran, saya menggunakan aplikasi rekam layar bawaan HP pada halaman foto profil. Setelah selesai merekam dan melihat hasilnya, ternyata videonya berwarna hitam. Hanya ada lambang jaringan internet di bagian atas yang menandakan bahwa video berhasil direkam. Tapi tidak menampilkan foto profil WhatsApp yang ingin saya ambil.

Masih penasaran, saya mencoba rekam layar dengan aplikasi pihak ketiga yang saya install dari Play Store. Hasilnya sama saja, tampilan video hitam, tidak ada foto profil WhatsApp yang terekam.

Hei, sebenarnya artikel ini tidak penting-penting amat. Cuma mau bilang saya tidak bisa screenshot foto profil orang lain di WhatsApp. Sayangnya saya cuma punya satu HP untuk mencobanya. Tidak tahu apakah hal ini juga terjadi pada akun WhatsApp pada versi yang berbeda atau HP yang berbeda. Bagaimana dengan Anda?

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments