Tidak Ada di Google, Mungkin Ada di Yahoo

Apa mesin pencari yang paling sering kamu gunakan? Saya pribadi lebih sering menggunakan Google. Pada layar HP android saja, di berandanya sudah ada widget Google. Jika penasaran akan sesuatu, tinggal ketik dan masukkan kata pencarian. Hasilnya langsung muncul dan sangat praktis.


Ada kalanya, sebagai blogger saya ingin mencari tahu apakah artikel yang saya tulis muncul pada hasil penelusuran Google. Sayangnya beberapa artikel tidak muncul sama sekali dalam hasil pencarian Google.

Dulu saya masih berbaik sangka, mungkin peringkatnya saja yang terlalu jauh, jadi saya tidak menemukannya. Tapi tentu masih diindeks oleh Google. Namun saat saya bahkan sudah memasukkan kata kunci yang sangat spesifik, artikel saya tetap tidak tampil.

Saat mencoba menggunakan situs Google analitik, dan memasukkan link dari artikel yang saya tulis. Saya mendapati pernyataan dirayapi tapi tidak diindeks.

Deg, apakah artikel blog ini telah mengalami deindeks oleh Google. Sudah tidak dianggap lagi dan tak muncul di halaman pencarian?

Ketika saya mencoba menguji menggunakan artikel lain dari blog ini, hasilnya beberapa tetap muncul pada hasil pencarian Google. Kesimpulannya, beberapa artikel tetap diindeks namun beberapa artikel lainnya tidak diindeks.

Mengapa beberapa artikel di blog ini tidak diindeks oleh Google?

Sayangnya saya tidak bisa menjawab pertanyaan ini. Saya bahkan sudah mencoba untuk meminta pengindekan melalui search console, tapi hasilnya belum terlihat.

Berita baiknya masih banyak artikel saya yang diindeks oleh Google. Jadi jika dikatakan blog tidak diindeks oleh Google, maka juga tidak benar. Hanya sebagian artikel saja.

Meski begitu, saya lihat artikel yang tidak diindeks oleh Google tersebut, ada saja pembacanya. Lalu dari mana para pembaca tersebut datang?

Saya pun teringat bahwa mesin pencari di internet bukan hanya Google. Masih ada mesin telusur lain dari Yahoo, Bing, atau lainnya.

Saya pun mencoba memasukkan kata kunci spesifik untuk salah satu artikel blog ini yang tidak diindeks oleh Google tersebut di Yahoo. Hasilnya, artikel tersebut mungkin pada hasil pencarian. Hiks, ternyata artikel ini masih dianggap oleh Yahoo.

Tidak dipungkiri, sebagai mesin pencari, Google dan Yahoo memiliki algoritma masing-masing. Meskipun saat ini Google lebih banyak dipakai oleh pengguna mesin pencari. Tapi mesin pencari lain seperti Yahoo masih ada juga penggunanya. Diantaranya, laptop saya di rumah masih menggunakan Yahoo sebagai mesin telusur pada beranda browsernya.

Sebagai blogger, meski lebih banyak fokus ke Google, tidak ada salahnya untuk juga memperhatikan mesin telusur lain jika ingin meningkatkan peringkat hasil pencarian. Walaupun saya sendiri kalau sudah menulis tidak memikirkan kaidah dari mesin telusur manapun.

Adapun sebagai pengguna, saat apa yang kita cari tidak ditemukan di Google, tidak ada salahnya untuk mencoba mesin penelusuran yang lain. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

4 Comments

  1. Saya sendiri sekarang tidak melulu mengandalkan Google sebagai mesin pencari. Belakangan saya cukup sering juga memanfaatkan Bing, mesin pencari Microsoft. Hasilnya cukup membantu meskipun kalau dibandingkan dengan Google, terlihat masih banyak kurangnya, tetapi karena terkadang saya menggunakan Edge, Bing cukup lumayan sering juga dipergunakan

    Soal data, sudah lama sekali saya tidak menengok perkembangan trafik di semua blog. Jadi, tidak tahu nasib para blog sekarang.

    Fokus saya sampai akhir tahun ini masih bergelut di LB Digital dan beberapa masalah lain di dunia offline. Namun, akhir tahun ini, saya berharap bisa kembali lagi menjadi blogger.

    Ternyata selama itu, Bu Guru justru terlihat aktif sekali menelurkan artikel yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oktober kemarin sedang aktif, November dan Desember ini kayanya malas lagi deh, Pak. Biasa, lagu lama 😊

      Sekarang saya juga jarang bw ke blog lain, termasuk MM. Jadi juga kurang update perkembangan blog lain.

      Kemarin sempat membahas mesin pencari karena kebetulan iseng aja 🤭

      Delete
  2. Saya dulu sih nggak peduli mbak sama artikel saya udah diindeks google apa belum soalnya isiya cuma curhatan biasa. Tapi belakangan saya cobain di Google Search Console, saya cek artikelnya secara manual, kalau belum diindeks, saya klik minta pengindeksan

    ReplyDelete
  3. Saya sendiri kalau di Google tidak ada, maka andalan saya berikutnya yaitu Bing.

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar