Kenapa Link di WhatsApp Tidak Bisa Diklik dan Solusinya

Saya baru saja memperoleh pesan WhatsApp berisi link menuju struk belanjaan saya dari minimarket. Tetapi link tersebut tidak berwarna biru dan tidak bisa diklik. Mengapa bisa demikian?


Seperti sudah saya ceritakan pada artikel sebelumnya, saya baru saja belanja di minimarket dan melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS. Saat itu saya tidak menerima struk belanja langsung tapi struk belanja nya dikirim melalui WhatsApp.

Begitu saya membuka pesan tersebut isi pesannya berupa ucapan terimakasih kemudian link menuju struk belanja. Berbeda dengan link pada umumnya yang berwarna biru dan bisa diklik, link yang saya terima ini sama seperti tulisan bisa pada umumnya. Tidak bisa diklik sama sekali.

Link di WhatsApp

Mengapa Link di WhatsApp Tidak Bisa Diklik?

Link di WhatsApp yang tidak bisa diklik biasanya link yang berada dalam pesan WhatsApp dan dikirimkan oleh nomor baru yang tidak berada dalam kontak kita atau nomor tidak dikenal. Misalnya pesan WhatsApp yang saya terima dari nomor minimarket tersebut.

Tujuan link yang tidak bisa diklik tersebut adalah untuk melindungi pengguna WhatsApp dari link berbahaya yang mungkin disebarkan lewat pesan WhatsApp oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Solusi Mengatasi Link Yang Tidak Bisa Diklik di WhatsApp?

Ada dua cara yang bisa dilakukan agar link yang kita terima tersebut bisa diklik dan dibuka

1. Menyimpan Nomor Kontak Pengirim Pesan

Seperti disebutkan di atas, link yang tidak bisa diklik biasanya adalah link yang dikirimkan oleh nomor tidak dikenal. Jika kita kenal dengan yang mengirimkan pesan, maka cukup dengan menyimpan nomor tersebut dalam kontak kita. Setelah itu, link tersebut akan berubah warna menjadi biru dan bisa diklik.

Pada dasarnya ketika kita menyimpan nomor kontak, berarti kita kenal dan mempercayai nomor tersebut. Maka link yang dikirimkan pun dianggap aman dan bisa diklik lewat pesan WhatsApp.

 2. Meneruskan Pesan

Jika kita tak ingin menyimpan nomor kontak tapi ingin mengklik link tersebut, kita bisa melakukan cara kedua, yaitu dengan meneruskan pesan tersebut. Kita bisa meneruskan pesan tersebut ke orang lain atau ke nomor WhatsApp kita sendiri. Maka isi pesan yang kita teruskan tersebut linknya akan berwarna biru dan bisa diklik.

Demikianlah cara mengatasi link di pesan WhatsApp yang tidak bisa diklik. Jika kita tidak tahu apa isi link tersebut dan tidak kenal dengan pengirim pesan, sebaiknya jangan klik link sembarangan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments