Kelebihan QRIS dan Cara Bayar Belanja Dengan QRIS BSI

Belanja keperluan sehari-hari merupakan kebutuhan yang harus dilakukan. Ada kalanya saya belanja di pasar tradisional, ada kalanya juga belanja di minimarket. Hari itu saya kembali belanja di minimarket untuk membeli beberapa barang.


Saat tiba di kasir, kasir pembayaran tunai dipenuhi antrian dan kasir debit kosong. Saya pun menuju kasir pembayaran dengan kartu debit. Tentu saja saya tidak mengeluarkan kartu debit, tapi saya memilih pembayaran dengan QRIS.

Kali ini saya mencoba bayar menggunakan QRIS BSI, dan sebenarnya ini pertama kalinya saya mencoba menggunakannya.

Cara Bayar Belanja Dengan QRIS BSI

Buka aplikasi BSI mobile

Login dengan Password atau Sidik jari

Klik logo QRIS di bagian bawah

QRIS BSI

Scan kode QRIS yang ditunjukkan oleh kasir

Perhatikan jumlah pembayaran yang tertera, jika memang sudah bentuk, klik lanjutkan

Masukkan PIN BSI mobile.

Pembayaran berhasil dan struk belanja keluar dari mesin EDC

Setelah itu saya diberikan struk transfer berhasil. Adapun untuk struk belanja di minimarket tersebut akan dikirimkan melalui WhatsApp. Mungkin itu kebijakan dari minimarket tersebut, saya sendiri kurang mengerti. Tapi toh ini belanja pribadi jadi saya tidak mempermasalahkannya. Lagi pula saya tidak terbiasa menyimpan struk belanja.

Ini adalah kedua kalinya saya belanja di minimarket ini dan bayar menggunakan QRIS. Pengalaman pertama menggunakan QRIS BSI tidak ada masalah sama sekali. Transaksi pembayaran berlangsung dengan cepat dan mudah.

Apa saja kelebihan bayar dengan QRIS?

 1. Tidak Perlu Bawa Uang Tunai

Kelebihan pembayaran dengan QRIS adalah tidak perlu banyak bawa uang tunai. Cukup dengan HP saja, kita bisa melakukan pembayaran, mudah dan praktis.

 2. Tidak Perlu Mikirin Uang Kembalian

Belanja di minimarket kadang nilainya tidak pas dan memerlukan kembalian berupa uang receh. Nah, dengan bayar pakai QRIS, kita bisa bayar dengan pas hingga nominal terkecil.

 3. Bisa Digunakan Untuk Semua Bank dan Ewallet

Kelebihan bayar pakai QRIS, kodenya berlaku untuk semua bank dan Ewallet. Meskipun kasir di minimarket menggunakan kode QRIS mandiri, saya bisa bayar menggunakan QRIS BSI.

 4. Tidak ada biaya admin

Pembayaran dengan QRIS tidak ada biaya admin bagi pembeli. Berapa nilai yang tertera, itulah nilai yang kita bayar. Meskipun sekali lagi kita menggunakan QRIS yang berbeda dengan penjual.

 5. Tidak Panjang Mengantri

Di beberapa minimarket, antrian untuk pembayaran tunai dan kartu debit/QRIS dibedakan. Karena di kota kecil pembayaran dengan kartu debit/QRIS belum terlalu umum, maka jenis pembayaran ini tidak perlu dihadapan dengan antrian panjang. Bahkan kadang tak perlu antri.

Demikianlah pengalaman saya bayar belanja menggunakan QRIS BSI dan berbagai kelebihan pembayaran menggunakan QRIS. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments