Cara Rekam Layar Game di HP Dengan Suara Internal

Saya termasuk orang yang suka menggunakan fasilitas rekam layar HP saat ingingin membuat video berupa tangkapan layar. Biasanya saya cukup menggunakan aplikasi bawaan dari HP karena menurut saya menunya sudah cukup memadai.


Entah kenapa beberapa sejak beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah saat ingin malakukan rekam layar pada game Blossom Blast Saga. Ketika rekam layar saya hidupkan, suara musik pada game malah mati. Akibatnya video permainan game nya jadi kurang asyik karena tanpa musik pengiringnya.

Saya mencoba merubah pengaturan pada aplikasi rekam layar maupun pada game tersebut. Namun hasilnya tetap saya, ketika rekam layar dihidupkan, suara musik tetap mati.

Akhirnya saya memutuskan untuk mendownload aplikasi rekam layar tambahan dari play store.

Ada banyak sekali aplkasi screen recorder di Play Store. Saya pilih yang sudah banyak dipakai oleh pengguna lain dan memiliki rating tinggi, yaitu Perekam Layar Xrecorder.

Berhubung saya menggunakan aplikasi ini untuk rekam layar game di HP, maka saya menggunakan fitur rekam audio internal supaya tidak terganggu dengan suara lain. Dan tentu saja, rekam layar dengan aplikasi ini tidak menyebabkan suara game menjadi mati seperti yang saya alami saat menggunakan aplikasi rekam layar bawaan HP saya.

Tentu saja, ada beberapa pengaturan yang harus dirubah dari setelan awal aplikasi ini agar sesuai dengan kebutuhan saya.

Cara Rekam Layar HP Beserta Suara Internal Dengan Aplikasi Xrecorder

Buka aplikasi Xrecorder

Pilih pengaturan

Pada Pengaturan Audio, Pilih Internal

Xrecorder

Selanjutnya silakan sesuaikan pengaturan lain sesuai kebutuhan.

Beberapa perubahan setelan lain yang saya lakukan yaitu:

Hitung Mundur sebelum mulai, 3 detik --> mati

Ceklis pada Sembunyikan Jendela Rekam Saat Merekam

Ceklis pada Goyangkan Ponsel untuk Berhenti Merekam

Xrecorder

Awalnya sebelum mengaktifkan pengaturan tersebut, menu aplikasi Xrecorder akan muncul dalam video hasil rekaman layar, tapi dengan melakukan pengaturan di atas, maka hasil video murni isi gamenya saja.

Salah satu kelebihan melakukan rekam layar ini aplikasi ini ada pada fitur audio internalnya. Saat kita memainkan game di HP, meskipun volume HP diturunkan sampai 0, selama pengaturan game suaranya aktif, maka hasil rekaman akan tetap ada audio internal dari game.

Ada beberapa fitur lain dari aplikasi ini. Beberapa di antaranya sama saja dengan aplikasi recorder lainnya. Maka tidak saya rincikan secara detail dalam artikel ini.

Sebagai tambahan, karena saya pakai versi gratis, maka akan ada iklan dalam aplikasi ini. Tapi tidak masalah, karena iklan hanya muncul sesekali dan tidak mengganggu proses perekaman.

Secara umum, saya cukup puas dengan aplikasi Xrecorder ini. Maka saya pun menggunakannya saat ingin melakukan rekam layar dengan audio internal. Ataupun untuk keperluan lain yang lebih sederhana, kadang saya masih menggunakan aplikasi rekam layar bawaan HP.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments