Cara Mudah Memprint Dokumen F4 di Kertas A4

Print dokumen

Salah satu pelanggan di toko adalah seorang guru. Ia ingin memprint dokumen RPP K13 pada selembar kertas. Dokumen yang ia berikan berupa file doc. dengan ukuran kertas F4. Hanya saja, ia minta agar diprint di kertas berukuran A4. Bagaimana cara mudah dan cepat memenuhi permintaan tersebut?


Jika saya langsung berusaha memprint dokumen tersebut tanpa melakukan perubahan dan hanya meletakkan kertas A4 di mesin printer, maka yang akan terjadi adalah tulisan di kertas akan terpotong bagian bawahnya, karena ukuran dokumen dan kertas tidak sesuai.

Jika saya merubah ukuran kertas pada file dokumen dari F4 menjadi A4, maka susunan tulisan pada dokumen akan mengalami perubahan. Selain itu, dokumen yang awalnya hanya satu halaman akan berubah menjadi dua halaman. Saya pun harus melakukan pengeditan lain seperti merubah ukuran font dan lainnya agar dokumen tersebut tetap dalam satu halaman.

Namun jika hal tersebut harus saya lakukan, jujur saja pekerjaannya tidak sepadan dengan bayarannya. Apalagi pelanggan cuma minta print, tak ada urusannya dengan edit dan sebagainya. Maka bayarnya pun cuma harga print doang. Jadi bagaimana supaya bisa memprint sesuai permintaan pelanggan tanpa ribet?

Ada cara yang paling mudah yang bisa saya lakukan pada dokumen berukuran F4 agar bisa langsung diprint pada kertas A4 tanpa ribet mengedit.

Caranya adalah dengan merubah format dokumen dengan cara save as PDF. Berita baiknya, kita bisa dengan mudah merubah file dari bentuk doc ke pdf hanya dengan aplikasi Microsoft Office di laptop.

Cara Merubah Dokumen doc ke pdf di Microsoft Office

Buka dokumen yang ingin dirubah dengan aplikasi Microsoft Office

Klik File
Pilih Save As
Pilih simpan sebagai PDF
Klik OK

Dokumen kini sudah berhasil dirubah dalam bentuk PDF. Sekarang cukup print file PDF sesuai keinginan.

Cara Print Dokumen di Atas Kertas A4

Buka dokumen yang sudah berupa PDF
Klik Crtl+P atau Print
Pilih ukuran kertas A4
Klik Print

Kelebihan dokumen dalam bentuk PDF adalah kita bisa mengatur ukuran kertas yang ingin digunakan di mesin printer tanpa harus mengedit dokumennya.

Dengan cara di atas saya pun berhasil memprint dokumen berukuran F4 di atas kertas A4 sesuai permintaan pelanggan tanpa harus ribet. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.


Baca Juga

Post a Comment

0 Comments