Gratis Ongkir Yang Bikin Ketagihan Belanja

gratis ongkir
Bulan ini adalah bulan banyak belanja online bagi saya. Saya yang biasanya jarang belanja online, tidak mesti ada tiap bulan. Tapi bulan ini saya sudah chekout lebih dari 10 kali!

Alasan utamanya mungkin karena adanya voucher gratis ongkir dari Shopee. Voucher gratis ongkir sendiri biasanya memang selalu ada, tapi tipenya berbeda-beda. Biasanya voucher gratis ongkir hanya mencukupi untuk memotong sebagian ongkos kirim yang harus saya bayar, artinya saya tetap harus membayar biaya ongkir sisanya. Maklumlah, saya tinggal di pulau Kalimantan dan toko tempat saya belanja di Pulau Jawa. Mau bagaimana lagi, penjual kebanyakan dari pulau Jawa dan harga barangnya cenderung lebih murah. 

Nah kali ini, saya bisa belanja online benar-benar gratis ongkir hingga 0 rupiah, meskipun barang dari pulau Jawa. Makanya, jari ini suka benget mengklik chekout. Apalagi bayarnya pake Shopeepay, tambah cepatlah transaksinya.

Unutk bisa belanja dengan ongkir 0 rupiah di Shopee ada beberapa syarat yang harus saya penuhi. Biasanya untuk barang yang perlunya cepat, saya pilih penjual dari Kalsel juga. Selain barang lebih cepat sampai, pasti gratis ongkir 0 rupiah karena memang dekat.

Sedangkan untuk penjual dari pulau Jawa biasanya saya pilih pengiriman dengan kurir hemat. Soalnya kalo pakai reguler tidak akan bisa gratis ongkir sampai 0 rupiah. Sayang tidak semua penjual menyediakan pilihan pengiriman hemat, biasanya otomatis saya lewati. Ada juga tipe pengiriman dengan agen Shopee, tapi saya tidak pernah memilih tipe ini, karena bawaannya jadi ribet bagi saya jika harus ambil sendiri.

Berikutnya, tipe voucher gratis ongkir ini juga bermacam-macam. Kadang potongan ongkirnya Cuma Rp 10.000 dengan minimal belanja 0 rupiah, dan dapat potongan ongkir hingga Rp 40.000 jika sudah belanja sebanyak Rp 80.000,-. Dalam kasus ini, biasanya kalau belanjanya sedikit, justru malah mahal di ongkir. Kalau memang barangnya pasti dipakai, kadang saya banyakin jumlahnya supaya ongkirnya sisa 0 rupiah. Ini nih yang bikin belanjaan tambah banyak.

Dari sekian banyak tipe gratis ongkir, yang paling bikin gila belanja itu voucher gratis ongkir hingga Rp 40.000,- dengan minimal belanja Rp. 0. Artinya meski saya Cuma belanja Rp 1000,- tetap gratis ongkir meski dikirim dari Jawa ke Kalimantan, hehe. Tapi tipe voucher ini tidak ada setiap saat. Biasanya ada pada saat ada promo tertentu. Misalnya seperti promo Big Sale Ramadhan seperti kali ini. Apalagi hari ini tanggal 25 Maret, belanja berapapun potongan ongkirnya sampai Rp 40.000. Tapi sampai ke rumah saya ongkirnya Cuma 0 rupiah. Maka hari ini saya pun kembali chekout barang seharga Rp 9.000,-, mumpung gratis ongkir.

Jika ditelusuri situs belanja online bukan hanya Shopee, ada banyak lagi aplikasi lain. Tapi masalahnya satu aplikasi saja saya sudah sering chekout, apalagi ditambah aplikasi lain, bisa-bisa saya ngga berhenti chekout. 

Sebenarnya ada alasan lain selain voucher gratis ongkir yang bikin saya jadi sering belanja. Alasannya karena saya terlalu sering memainkan aplikasi Shopee. Mau bagaimana lagi, saat orang lain main game freefire atau candy crush di waklu luang, saya main Shopee Candy, Shopee Pet dan berbagain game lain yang ada di Shopee. Akibatnya saya pun jadi sering melihat barang belanjaan dan jadi kepingin beli. 

Kesimpulannya, daripada nyalahin voucher gratis ongkir, sebaiknya saya mengurangi membuka aplikasi Shopee walau cuma untuk main game. Supaya saya tidak tergoda melihat barang-barang tersebut, memasukkannya ke dalam keranjang dan kemudian chekout. Tapi mau bagaimana lagi, saya bahagia setiap kali menerima paket dan membukanya, hehe. 
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments