Konsisten dan Kembali Fokus Ngeblog

Idealnya, setelah menyelesaikan tulisan sebanyak 30 artikel untuk blog ini, saya melanjutkan menulis artikel untuk blog lainnya. Mumpung kebiasaan menulis dua sampai tiga artikel perhari bisa dilanjutkan. Kenyataannya, saya memang butuh istirahat.

Setelah merasa selesai menulis 30 artikel, tingkat kerajinan saya seakan sudah terkuras. Hari selanjutnya, meski saya masih mencoba konsisten untuk menulis, saya hanya mendisiplinkan diri untuk menulis minimal satu artikel. Waktu luang lainnya saya gunakan untuk kegiatan hiburan yang lain.

Saat santai, saya termasuk yang suka baca novel atau main game. Beberapa hari yang lalu saya baru saja menginstal aplikasi HAGO. Alhasil, beberapa hari ini saya selalu memainkan game tersebut.

Awalnya, saya menginstal aplikasi HAGO murni karena ingin main game online dengan mode santai. Tapi karena mengenal HAGO Pohon Uang dan Kebun Binatang, saya pun jadi berpikir, bagaimana bisa menghasilkan uang dari aplikasi ini. 

Menghasilkan saldo rupiah dari kedua permainan tersebut sangatlah mudah. Dalam tiga hari, saya bisa memperoleh saldo Rp 40.000 dari game Kebun Binatang. Tapi yang susah adalah penarikan saldonya. Karena untuk bisa memperoleh kuota penarikan, saya harus berhasil mengajak orang lain untuk menginstal aplikasi HAGO. Ini adalah sesuatu yang tidak mudah bagi saya.

Meskipun belum berhasil menarik saldo dari HAGO, tapi saya tetap senang menggunakan aplikasi ini. Karena pilihan game yang tersedia benar-benar banyak. Dari sekian banyak game ada beberapa yang bikin saya ketagihan untuk memainkannya. Biarpun tidak dibayar, saya tetap main.

Selama beberapa hari, pikiran agar bisa menarik saldo tetap ada dalam benak saya. Pernah sekali menulis artikel tentang HAGO dan berharap ada yang memasukkan kode undangan yang saya bagikan. Sayang hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. 

Sepertinya benar-benar tidak ada harapan bagi saya akan aplikasi HAGO ini karena terbentur harus mengajak orang lain. Saya pun jadi teringat aplikasi Go Novel yang pernah saya gunakan beberapa bulan yang lalu. Aplikasi ini juga membayar orang yang mau membaca novel. Hanya saja nominalnya kecil. Jika ingin mendapat pemasukan yang lebih besar dan cepat, lagi-lagi caranya dengan mengajak orang lain.

Meski begitu, Go Novel tidak dibatasi dengan ketentuan harus mengajak orang lain. Artinya selama kita membaca novel, nonton video, atau nonton iklan, tetap ada saldo yang diperoleh dan bisa diambil jika jumlah minimal telah terpenuhi, walau tidak berhasil mengajak siapapun. Hanya saja mengumpulkan saldonya agak lama.

Berbeda sekali dengan HAGO yang saldonya sama sekali tidak bisa ditarik jika tidak mengajak orang lain. Artinya kalo saya bermain untuk sekedar hiburan, tidaklah masalah. Tapi jika saya bermain karena berharap dapat cuan, maka sia-sia tanpa mengajak orang lain.

Terkait aplikasi Go Novel sendiri, sudah lama tidak saya gunakan karena tanpa mengajak orang lain, rasanya terlalu lama untuk payout. Selain itu rasanya jadi seperti membuang-buang waktu. Sedangkan koin yang saya peroleh nilainya tidak seberapa dibanding waktu yang saya habiskan. Meskipun saya suka membaca novel, tapi mungkin saya belum menemukan novel yang cocok dengan selera saya waktu itu.

Terkait dengan waktu yang dihabiskan, kadang saya lebih suka main game di aplikasi Shopee. Hadiahnya game bisa ditukarkan dengan koin Shopee yang sebenarnya nilainya cuma puluhan atau ratusan perak saja. Kadang saya juga tidak terlalu mengerti dengan jalan pikiran saya yang begitu senang saat dapat koin sebesar 500 koin.

Di aplikasi Shopee sendiri ada banyak cara untuk memperoleh koin. Di antaranya adalah menonton video live. Kita bisa memperoleh 30 sampai 150 koin setelah menonton vudeo selama 3 menit. Saya juga pernah mencoba melakukan ini, tapi Cuma beberapa kali. Saya tidak sesabar itu menonton video yang belum tentu saya sukai selama 3 menit dan hanya dibayar 50 koin. Apakah waktu yang saya miliki semurah itu?

Setelah beberapa hari ini saya habiskan dengan banyak bermain, akhirnya pikiran saya kembali kepada beberapa hal yang pernah saya lakukan sebelumnya, seperti yang saya tuliskan di artikel ini. Saya pun sampai kepada suatu kesimpulan.

Jika saya bertujuan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bukankah blog ini adalah pilihan terbaik dari berbagai hal yang telah saya sebutkan di atas. Walau belum bisa payout tiap bulan, pendapatan adsense jauh lebih baik dibandingkan berbagai aplikasi tersebut. Yang perlu saya lakukan adalah lebih tekun dalam merawat blog ini.

Kenyataannya selama ini saya terlalu sering menelantarkan blog. Jadi adalah wajar, jika pendapatannya tidak banyak. Maka dari pada berkelana mencari aplikasi yang membayar penggunanya, akan lebih baik jika saya mulai rajin mengelola blog. 

Apakah blog lebih menjanjikan dari berbagai aplikasi penghasil uang lainnya?

Saya tidak akan mengatakan produk A lebih baik dari pada produk B. Tapi saya menilai diri saya sendiri dan mana yang paling cocok dengan saya. Kenyataannya, setelah sekian tahun, bukankah blog yang paling cocok dengan saya selama ini. Terkait nominal yang kecil, bukankah hanya karena saya kurang konsisten.

Saat pertama kali saya menjalankan proyek 30 artikel, saya berniat menerapkannya untuk semua blog yang saya miliki. Tapi begitu saya menyelesaikan proyek pada satu blog ini, saya sudah tergoda dengan kegiatan yang lain.

Berita baiknya, saya sudah menyelesaikan tugas untuk satu blog. Anggaplah apa yang saya lakukan beberapa hari terakhir adalah bagian dari refresing. Bukankah setelah beberapa hari akhirnya saya mendapat sebuah kesimpulan yang baik. Dengan adanya pemikiran ini, saya pun merasa memperoleh semangat baru untuk meneruskan proyek 30 artikel pada blog selanjutnya.

Adapun artikel ini ditulis, sebenarnya sekedar curhatan saja. Kadang saya suka menuliskan apa yang ada dalam pikiran saya. Semoga bermanfaat. 
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments