Belajar Bahasa Inggris dari English With Lucy

Kemampuan berbahasa biasanya terbagi menjadi empat. Untuk Bahasa Inggris, kemampuan ini terbagi menjadi speaking, reading, listening, dan writing. Dari keempat keterampilan tersebut, mungkin hanya kemampuan reading saya yang boleh dibilang lumayan. Sisanya masih di bawah standar.

Salah satu alassannya adalah karena saya memang tidak berkecimpung langsung dengan Bahasa Inggris. Berhubung saya suka baca novel online atau mencari info di internet, kemampuan reading atau membaca saya lebih baik. Setidaknya saya bisa memahami setiap kalimat umum yang saya baca. Tentu saja juga banyak kosa kata yang tidak saya pahami, tapi umumnya, ngertilah maksudnya.

Sedangkan jika dihadapkan dengan video berbahasa Inggris seperti lagu atau pun film, saya masih kesulitan memahami maksud ucapan berbahasa Inggris yang saya dengar. Kecuali jika video tersebut disertai subtitle, baru bisa saya pahami dengan mudah.

Adapun untuk speaking dan writing, tidak ada tuntutan bagi saya untuk melakukannya. Meski saya memahami beberapa kosa kata dari reading, pengucapan bahasa Inggris saya cukup payah. Sedangkan untuk menulis juga masih sulit. Saat membaca, saya bisa memahami maksud dari kosakata Inggis yang dibaca. Tapi saat menulis dan menerjemahkan dari Indonesia ke Inggris, agak sulit bagi saya mengingat-ingat kosa kata yang pernah saya baca sebelumnya. 

Kali ini saya sedang ada keinginan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang saya miliki. Dari empat keterampilan di atas, saya sedang ingin meningkatkan kemampuan listening. Tergetnya tidak muluk, saya hanya berharap bisa menonton movie dan menikmatinya tanpa harus menggunakan subtitle. Saya juga berharap bisa menonton berita ataupun mendengar orang berbicara bahasa Inggris dan memahami maksud mereka. 

Dengan waktu dan dana yang terbatas, maka pilihan saya jatuh pada video Youtube. Kebetulan pas lagi scrooling Youtube saya menemukan sebuah channel Bahasa Inggris yang menarik, yaitu English With Lucy.
English with Lucy

Channel English with Lucy adalah sebuah channel Bahasa Inggris yang diasuh oleh Lucy Bella. Ia adalah seorang native speaker dari Inggris. Dengan kata lain, ini adalah channel yang menggunakan English British.

Seperti layaknya kita ketahui, secara umum Bahasa Inggris terbagi dua, yaitu British English dan American English. Saya pribadi sebagai bukan native tidak memiliki kecenderungan khusus kepada salah satu di antaranya. Hanya saja kebetulan apa yang temukan kali ini adalah channel British English

Apa yang menarik dari channel ini?

Sebenarnya ada banyak sekali channel pembelajaran bahasa Inggris. Yang paling menarik dari channel ini bagi saya adalah pembawaan dan cara Lucy sendiri saat menjelaskan di video. Saya sangat suka dengan cara dia berbicara dan pronounciation yang dia lakukan.

Karena saya merasa bahwa pronounciation saya sangat buruk, maka saya memiliki kecenderungan terhadap orang yang memiliki pronounciation yang bagus. 

Ketika Lucy berbicara, pengucapannya sangat jelas sehingga saya bisa membayangkan setiap kata yang ia ucapkan. Ketika bisa membayangkan kata yang diucapkan maka akan lebih mudah bagi saya memahami ucapannya.

Seperti saya ungkapkan di atas, saya memiliki kemampuan reading yang lumayan. Namun ketika listening, saya mengalami masalah menghubungkan antara kata yang saya dengar dengan kosa kata yang pernah saya baca. Akibatnya, saya kesulitan memahami ucapan yang saya dengar.

Sebenarnya channel ini juga menyediakan subtitle, tapi berhubung saya ingin mendalami listening, maka saya pun mematikan subtitlenya. Saat berbicara, Lucy cenderung mengucapkan semua kata-katanya dengan pengucapan yang tepat. Jadi ini lebih mudah dipahami bagi saya.

Kelebihan lain dari channel English With Lucy adalah tema videonya yang menarik. Berbagai permasalahan sehari-hari yang kadang kita temui dalam Bahasa Inggris banyak dibahas di sini. Diantaranya adalah, kapan kita pakai on, in, dan at, saat menyatakan waktu. Berbagai grammar dan lain-lain.

Kelebihan berikutnya adalah cara Lucy menyampaikan pembelajaran. Saya melihat Lucy sebagai orang yang antusias dan penuh keceriaan. Saat memulai video ia menyapa penonton dengan sapaan My Lovely Student disertai senyuman. Di awal video dia juga selalu membangkitkan penonton bahwa apa yang akan ia sampaikan adalah sesuatu yang sangat menarik. Selain itu kadang ia menyelipkan sedikit candaan dalam videonya.

Sebagai guru Bahasa Inggris saya melihat Lucy benar-benar memanfaatkan Youtube sebagai wadah pembelajaran Bahasa Inggris gratis bagi penontonya. Bagi yang ingin belajar Bahasa Inggris lebih khusus lagi bisa mengikuti kursus  online berbayar yang ia adakan dan bisa dilihat di kolom deskripsi video.

Apa yang saya dapatkan setelah menonton beberapa video Lucy?

Inti dari bahasa adalah pembiasaan. Maka saya pun mulai membiasakan diri saya untuk mendengarkan beberapa video berbahasa Inggris tanpa subtitle setiap harinya. Dengan begitu saya pun jadi lebih mudah memahami setiap ucapan Bahasa Inggris yang saya dengar. Happy Learning.
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments