Cara Mudah Menggabungkan Kolom di Microsoft Excel

Semenjak menjadi guru saya jadi sering berurusan dengan file berupa Excel. Padahal sewaktu kuliah tidak pernah ketemu sama sekali. Seringnya menggunakan Powerpoint untuk presentasi. Saat menggunakan Microsoft Excel saya menemui berbagai jenis pengaturan, diantaranya menggabungkan kolom dalam Excel.

Ada kalanya kita ingin menggabungkan dua kolom menjadi satu. Ada kalanya ingin menggabungkan beberapa kolom menjadi satu. Tidak jarang juga kolom yang akan digabungkan terdiri dari beberapa baris. Dalam microsoft Excel, istilah yang digunakan untuk menggabungkan adalah merge. Jadi kita akan menggunakan menu tersebut. 

Cara Menggabungkan Kolom di Excel


Buka dokumen Excel
Blok kolom yang ingin digabung
Pada menu home, klik Merge & Center
Kolom tersebut akan langsung tergabung dan tulisan menjadi rata tengah.
Menggabung kolom di Excel

Cara Menggabungkan Baris dan Kolom di Excel

Masih dalam dokumen excel
Blok kolom dan baris yang ingin digabung,
Klik Merge & Center

Cara Mengatur Agar Tulisan Hasil Merge Berada di Tengah

Jika kita melakukan merge pada beberapa baris. Kadang kala tulisan tidak benar-benar berada di tengah. Kadang posisinya agak ke bawah atau agak ke atas. Untuk mengatur posisinya agar benar-benar rata tengah dari kiri-kanan, atas bawah, klik menu posisi seperti gambar di bawah ini.

Cara Membagi Tulisan Hasil Merge Menjadi Beberapa Baris

Ada kalanya juga tulisan di kolom agak panjang. Pada pengaturan awal, tulisan di Excel akan memanjang ke samping. Jika ingin agar tulisan tersebut terbagi hingga beberapa baris ke bawah, ikuti langkah berikut:

Pilih Kolom
Klik Wrap Teks

Demikianlah cara menggabungkan kolom di Microsoft Excel dengan berbagai variasinya. Semoga bermanfaat. 
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments