Belajar Bahasa Arab dari Video Cerita Bergambar

Mencari video berbahasa Arab di Youtube untuk belajar Bahasa Arab bagi saya tidak semudah menonton video berbahasa Inggris. Bukan karena video bahasa Arab yang sedikit. Tapi karena mencari video berbahasa Arab yang mudah saya pahami yang sudah.

Berbeda dengan Bahasa Inggris yang beberapa masih bisa saya pahami dengan mengandalkan kemampuan listening saya, maka untuk Sima'i (pendengaran) Bahasa Arab saya jauh lebih parah.

Serupa dengan Bahasa Inggris, kemampuan berbahasa Arab juga terbagi menjadi empat yaitu qiro'ah (membaca), kitabah (menulis), sima'i (mendengar), dan takallum (berbicara). Dari semua keterampilan tersebut kemampuan saya sama payahnya. Hal utama disebabkan karena kurangnya kosakata. Jika membandingkan dengan Bahasa Arab dengan Bahasa Inggris, saya memang lebih sering membaca tulisan berbahasa Inggris, sehingga kosa kata Bahasa Inggris saya lebih banyak.

Tujuan pembelajaran Bahasa Arab saya kali ini adalah untuk meningkatkan jumlah kosakata yang saya pahami. Jadi target awalnya adalah meningkatkan kemampuan membaca tulisan berbahasa Arab.

Untuk melakukan pembelajaran secara mandiri, tentu memerlukan cara yang menyenangkan. Untuk meningkatkan kemampuan membaca, kuncinya tentu dengan rajin membaca. Hanya saja saya memerlukan bacaan yang menarik untuk dibaca.

Sebelumnya saya sudah menerapkan cara membaca kisah singkat berbahasa Arab. Cerita yang cukup menarik untuk dibaca adalah beberapa kisah dari buku Qiro'atul Rasyidah, kemudian kisah si Juha. 

Kali ini saya menemukan playlist yang menarik di Youtube, yaitu video cerita bergambar dengan Bahasa Arab.

Cerita ini berasal dari channel Suwayfi Fathi yang isinya full berbahasa Arab. Jujur, jika menonton video lainnya di channel ini, saya tidak mengerti apa yang mereka omongin. Nah, diantara video yang ada pada channel tersebut, terdapat playlist berisi cerita bergambar dalam Bahasa Arab

Belajar Bahasa Arab dari Video Cerita Bergambar

Video cerita bergambar ini terdiri dari gambar dan tulisan  berbahasa Arab. Karena ada tulisannya, jadi selain mendengarkan suara audio, kita juga lebih mudah memahami cerita dengan melihat teks bahasa Arabnya. Tapi tentu saja tak ada terjemah Bahasa Indonesianya.

Pada awal video, akan disebutkan beberapa kosa kata dengan keterangan gambar. Kemudian video dilanjutkan dengan cerita yang dilangkapi gambar. Dengan adanya gambar yang menyertai kisah tersebut, maka kita bisa memahami cerita meski tidak membaca terjemahnya.

Dari suara orang yang membawakan cerita terdengar bahwa dia adalah penutur asli Bahasa Arab. Meski begitu cerita dibawakan dengan tempo yang tidak terlalu cepat sehingga mudah untuk diikuti.

Kisah yang diceritakan biasanya adalah kisah yang mengandung hikmah atau cerita jenaka. Di dalamnya juga terdapat beberapa kisah Si Juha dan kisah hewan di hutan.

Di bawah ini adalah salah satu cerita berbahasa Arab dalam Playlist tersebut.

Video di atas berjudul Domba yang Malang

Secara umum video tersebut menceritakan tentang seorang petani yang memiliki kuda dan sangat menyayanginya. Suatu hari kudanya sakit dan ia memanggil dokter. Setelah diobati, dokter berkata bahwa jika dalam tiga hari kudanya tidak juga bangun, maka sembelih saja.

Penyataan tersebut didengar oleh Domba. Setiap hari domba memotivasi kuda agar bangun, namun kuda tetap terbaring. Pada hari ketiga domba berkata, jika kuda tidak bangun maka petani akan menyembelihnya. Maka sang kuda pun langsung bangun.

Begitu petani melihat kudanya sudah bisa bangun ia pun sangat gembira dan berkata bahwa ia akan menyembelih domba. Sungguh domba yang malang.

Cerita di atas adalah salah satu cerita saja. Masih banyak kumpulan cerita menarik lainnya. Karena durasinya yang pendek, saya menyelesaikan menontonnya dalam beberapa hari. 

Kenapa perlu beberapa hari jika durasinya pendek? Karena saya perlu mencerna cerita dan kosa kata baru yang saya terima. Jika langsung banyak, malah sakit kepala.

Video yang saya tonton di atas tidak ada terjemahnya sama sekali. Tapi jika ingin mencari video cerita bergambar berbahasa Arab dengan artinya hasilnya akan lebih banyak lagi.

Mempelajari Bahasa adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya, baik itu Bahasa Inggris ataupun Bahasa arab. Bagaimana dengan anda?
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments