Banyak yang Belum Tahu, Fitur Reaksi pada WhatsApp

Sejak bulan Juli WhatsApp sudah meluncurkan fitur reaksi pada pesan. Hanya saja, sepertinya belum banyak yang mengetahuinya sehingga belum banyak yang memakainya. Setidaknya itulah yang saya temui dalam grup yang saya ikuti. Hingga bulan September, belum ada seorang pun yang mencoba fitur tersebut di dalam grup.

Untuk lebih mengenalkan fitur ini, WhatsApp bahkan sampai menjadikannya sebagai status WhatsApp yang bisa dilihat oleh sebagian pengguna. Buktinya, saya pun awal mengetahui fitur tersebut dari status WA tersebut. Setelahnya mulai ada salah seorang rekan yang mulai menggunakannya di pesan grup.

Bagaimana cara menggunakan Reaksi di pesan WhatsApp?

Selama ini, kita biasa menggunakan emoji dalam bentuk pesan. Baik mengirim emoji saja atau pun bergabung dalam tulisan. Saat ini kita bisa menampilkan reaksi berupa emoji persis di bawah pesan yang kita inginkan. Tampilannya seperti gambar berikut.

Untuk menambahkan reaksi, cukup pilih pesan yang diinginkan. Pilihan emoji akan otomatis muncul, pilih sesuai keinginan.
Reaksi WhatsApp

Kelebihan fitur Reaksi pada WhatsApp

Dengan adanya reaksi berupa emoji ini, kita bisa mengungkapkan apa yang kita inginkan hanya dengan berupa ekspresi saja tanpa kata-kata. Kadan emoji bisa lebih mewakili apa yang ingin kita sampaikan.

Selain itu reaksi juga bisa mengurangi banyaknya pesan yang memenuhi di grup. Biasanya untuk menanggapi sesuatu kita harus menulis pesan. Banyaknya pesan tanggapan kadang malah membuat pesan utama jadi tenggelam di atas. Dengan menambahkan reaksi kita bisa menunjukkan tanggapan kita tanpa harus memenuhi pesan di grup.

Dalam hal memberikan reaksi ini kita, hanya bisa memberikan satu macam reaksi kepada pesan yang sama. Meski begitu kita bisa merubah reaksi yang telah kita berikan jika ternyata kita salah menekan emoji reaksi sebelumnya.

Semua orang di dalam grup bisa bisa melihat siapa saja yang telah memberikan reaksi dan apa reaksi yang mereka sampaikan. Hal ini juga bisa menjadi kriteria untuk mengetahui siapa saja yang telah memberikan tanggapan kepada pesan di grup.

Semestinya dengan semakin banyak orang yang mengetahui fitur reaksi ini akan semakin banyak yang menggunakannya di grup. Beberapa bulan ke depan berbagai pengumuman di grup pun akan menuai banyak reaksi. Apakah Anda juga menggunakannya?
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments