Cara Baca Informasi di MKRI

 

Saat iseng browsing tentang status ibukota Kalimantan Selatan, hasil penelusuran paling atas menampilkan situs MKRI. Berhubung saya kurang baca berita, saat membaca MKRI saya teringat NKRI lebih dulu. Tidak lupa saya klik situsnya untuk membaca lebih lanjut.


Apa kepanjangan MKRI?

MKRI adalah singkatan dari Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Sebenarnya sudah sering juga mendengar istilah Mahkamah Konstitusi, tapi mungkin agak jarang saja mendengar singkatan MKRI, selain jarang baca berita, mungkin juga karena keseringan dengar istilah NKRI.

Sesuai namanya MKRI menangani berbagai hal terkait konstitusi di negara Republik Indonesia. Ada situs resminya di https://www.mkri.id/

Kita bisa membaca berbagai informasi terkait konstitusi di sana. Nah, yang membawa saya ke sana adalah artikel terkait ibukota provinsi Kalimantan Selatan tadi. 

Secara umum, bagian Humas NKRI menjelaskan secara rinci mulai dari siapa yang mengajukan permohonan, apa isi dan landasan permohonan nya, hingga hasil dari permohonan tersebut. Adapun terkait ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini, pemohon masih diminta untuk melengkapi permohonan agar bisa ditinjau. 

Intinya yang bisa saya ambil, walau masih belum ada keputusan akhir, tuntutan yang diajukan ke mahkamah konstitusi akan ditanggapi dan ditampilkan di situs mkri ini.

Ada banyak menu di situs tersebut berisi berbagai peradilan, peraturan, berita, pengumuman, hingga jurnal. Sayang saya bukan orang yang tertarik mengenai konstitusi, jadi melihat sambil lewat saja. Bagi mahasiswa yang kuliah di jurusan hukum dan berhubungan dengan konstitusi mungkin bisa menjadikan situs ini sebagai salah satu sumber rujukan.

Baca Juga

Post a Comment

1 Comments

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar