Memperbaiki NIK yang Salah di Kartu BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan
Sepupu saya ingin memperbaiki NIK pada kartu BPJS isterinya yang salah. Saat ini isterinya sedang hamil, takutnya nanti BPJS akan terpakai saat melahirkan. Daripada ribet nanti, lebih baik diperbaiki lebih awal.

Untuk memperbaikinya kami sengaja datang ke kantor BPJS kabupaten Banjar yang terletak di Jl. Veteran dekat dengan pom bensin. Karena saya pulang dari tempat kerja dan sepupu dari rumah, maka kami janjian langsung ketemu di kantor BPJS saja.

Saya tiba lebih dulu karena lokasi saya lebih dekat. Saya duduk di teras yang banyak disediakan kursi. Seorang petugas tampak melayani pertanyaan dari orang-orang yang datang untuk berurusan. Tidak terlihat adanya nomor antrian. Orang yang datang bisa langsung menghampiri petugas dan menyampaikan maksud kedatangannya.

Tidak berapa lama, sepupu saya datang. Ia pun menghampiri petugas yang ada di luar dan menyampaikan keluhannya. Ia mengatakan adanya kesalahan pada NIK di kartu BPJS.

Untuk memperbaiki NIK yang salah maka ia harus melampirkan :

- Kartu BPJS
- Fotokopi KTP
- Fotokopi kartu keluarga

Petugas kemudian membawa dokumen tersebut ke dalam untuk diproses. Kantor BPJS ini memang lokasinya kecil. Makanya orang yang datang berurusan cukup duduk menunggu di kursi yang sudah disediakan di teras. Ada petugas di bagian luar yang menanyakan keperluan kita dan masuk ke dalam membawakan dokumennya untuk diproses.

Meski terbuka, tentu saja ada kanopi yang menaungi tempat duduk, hingga tidak terasa panas. Justru tempat terbuka membuat angin lebih terasa. Kekurangannya hanyalah tidak disediakannya nomor antrian. Orang yang baru datang sempat bingung harus mendatangi siapa, terutama ketika sedang banyak orang dan petugas di bagian luar sedang melayani pengunjung lain.

Sisi baiknya, pelayanannya menurut saya tidak ribet. Tidak sampai setengah jam menunggu, seorang petugas keluar dan memanggil nama istri sepupu saya yang ingin diperbaiki NIK nya. Petugas menyerahkan kartu BPJS baru dan meminta sepupu saya untuk memeriksanya kembali apakah sudah benar.

Setelah kami pastikan bahwa NIK dan tanggal lahir pada kartu BPJS baru sudah benar, urusan kami pun selesai dan kami bisa pulang.

Ternyata urusan memperbaiki NIK yang salah pada kartu BPJS sangat mudah. Dengan diterbitkannya kartu baru, saya pun yakin data onlinenya sudah diperbaiki. Bukankah bisa dicetaknya kartu baru menyatakan data sudah diperbaharui. Tentu saja sepupu saya bisa mengeceknya langsung dengan berobat ke puskesmas sebagai faskes pertama yang ia pilih.

Demikianlah pengalaman memperbaiki NIK yang salah pada kartu BPJS, semoga bermanfaat. 
Baca Juga

Post a Comment

4 Comments

  1. cepat juga prosenya ya om, tidak sperti kalau perbaiki nik di dukcapil tempat saya.. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngomongin dukcapil, di tempat saya proseesnya juga lama. Untungnya sekarang bisa lewat online.

      Delete
  2. Cukup mudah juga ya mbak Nisa, cuma bawa kartu BPJS, fotokopi KTP dan KK lalu pergi ke kantor BPJS dan bilang petugasnya maka kelar.

    Disini juga tidak pakai nomor antrian saat aku mau memasukkan anak ke BPJS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti mekanisme nya hampir sama dengan di tempat saya, ya.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar