Paket Data Internet Bulanan Paling Murah

Tahun 2022 sudah berlalu lebih dari seminggu. Namun entah kenapa belum ada semangat buat nulis artikel baru. Pembaca mungkin bosan juga bolak-balik komen di artikel akhir tahun kemarin. Bahkan sampai ada yang tanya di kolom komentar kapan saya update artikel baru.


Dibilang tak ada ide, sebenarnya ada saja ide yang muncul di pikiran untuk ditulis. Tapi duduk untuk menuliskannya tak sempat saya kerjakan. Entah sibuk nonton drama China, baca novel online, atau memang sibuk kerja beneran. Akhirnya saya putuskan menulis artikel ringan isi curhat saja.

Sebagai pembuka saya ingin bertanya, Berapa biaya yang kalian habiskan dalam satu bulan untuk kuota internet? 

Kebetulan saat ini saya sedang mencoba mencari paket internet bulanan yang paling murah.

Menurut KBBI murah adalah lebih rendah daripada harga yang dianggap berlaku di pasaran. Jadi saya mau tahu, harga pasarannya berapa. Karena definisi murah bagi setiap orang tentu berbeda.

Saya pribadi menghabiskan sekitar 32.000 rupiah setiap bulannya untuk biaya internet dan mendapatkan kuota 12 GB. Hanya saja kuota tersebut biasanya tidak habis di akhir bulan dan cuma terpakai sekitar setengahnya dan sisanya hangus begitu saja. Karena biasanya saya pakai WiFi di rumah. Maka saya pun ingin membeli kuota internet yang lebih murah lagi untuk pemakaian di luar rumah.

Sayangnya untuk kuota internet Telkomsel bulanan sendiri tidak ada yang lebih murah dari 32.000. Ada yang lebih murah, tapi hanya berlaku beberapa hari. Jika diakumulasikan selama satu bulan, jadinya malah lebih mahal.

Telkomsel

Pernah lihat paket internet dari kartu Three. Masa aktif mengikuti masa aktif kartu, artinya cukup panjang, harganya 28.000, tapi kuotanya cuma 3 GB. Saya ngga yakin apa cukup untuk satu bulan. Kalo keburu habis dan beli kuota lagi, maka menurut saya jadinya tetap lebih mahal.

Maunya saya sih kuota minimal sekitar 5GB, harga 20.000an, masa aktif minimal 1 bulan. Bisa milih gitu ya, hehe. Intinya sih kalo ada.

So, tulis dong di kolom komentar berapa biaya kuota bulanan yang kalian pakai. Kalaupun lebih dari nilai di atas juga tidak masalah. Setidaknya saya jadi tahu, berapa harga pasaran kuota.

Baca Juga

Post a Comment

15 Comments

  1. aaaa, aku pake telkomsel kak 30gb hargnya 68 , murh tu buat zoom juga sii, kbtuhan data bnyk😥😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah kok, siswa juga banyak tugas onlinenya ya.

      Delete
  2. Aku pakai Axis paket bulanan yang dapat dipakai 24 jam selama 30 hari dan berlaku akumulasi. Misal sisa kuota kemarin berapa akan ditambahkan kebulan berikutnya dgn catatan melakukan perpanjangan kuotanya sebelum masa berlakunya habis.

    Ada paket:
    16.968 - 2GB
    24.969 - 5.5GB
    32.900 - 8GB
    46.900 - 11GB
    Dan seterusnya..

    Semua paket diatas terbagi dua total gabungan dari kuota utama dan kuotal lokal.

    Misal Rp 24.969 - 5.5GB
    Biasanya kuota utama 3GB dan lokalnya 2.5GB total 5.5GB

    Kuota lokal maksudnya hanya berlaku diwilayah kota tempat tinggal kita saja.

    Atau pilih yang harian, yg harian malah gede, terkadang Rp. 500/1000 dapat puluhan GB

    Semua kouta diatas tidak tetap, terkadang bisa ditambahnya lagi melebihi itu, misal ditahun 2020 terkadang 24.969 - hanya 3GB dan 2021 ditambahnya jadi 5.5GB dan pernah juga dikuranginya, dihilangkannya kuota lokalnya dijadikannya kuota utama semua.

    Harga kuota diatas jika belinya bayar pakai pulsa, jika beli pakai dompet digital tertentu alias masing dompet dgn diskonnya masing2.

    Yg kusuka dari Axis dia ngasi perpanjangan masa aktif 2 tahun (jika sdh pake setahunan) jika dibawah setahunan tetap mendapat masa aktif sekitar 2 bulanan jadi wlw pulsa nol tak kuatir kartu jadi mati, kartuku berlaku sampai thn 2023 lebih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan murah ya, dibawah 50ribu semua. Sayang di tempat saya jarang yang pake Axis. Ngga punya kartunya juga, jadi jarang ngecek harga kuota. Lumayan hemat buat yang pemakaian nya memang ngga banyak. Apalagi kuotanya bisa diakumulasikan.

      Terimakasih infonya 👍

      Delete
  3. Murah ya. Saya menghabiskan 127 rb per bulan sekalian nelpon, (kartu simpati loop). 400 sms
    tak pernah terpakai. Tapi tidak punya wifi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesama Telkomsel ya. Kuota yang saya beli juga biasanya ada paket nelpon, tapi hampir tak terpakai. Sekarang lebih sering pakai kuota internet untuk komunikasi.

      Delete
  4. Aku pakai tri dan beli paket internet 4,5 GB yang harganya 14.000. biasanya sih kurang jadinya beli lagi 14 ribu.😀

    Sebenarnya ada paket 12 GB tapi harganya mahal 50 ribu, lebih murah Telkomsel ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pake Tri. Jenis paket internet nya ada macam-macam. Kok saya ngga lihat yang cuma 14.000 dpt 4.5 GB ya. Ini termasuk jenis paket apa? Apa saya yang kurang jeli ngeliat nya

      Delete
    2. Kata tukang konternya, itu paket khusus daerah Banten. Mungkin daerah lain juga ada. Soalnya waktu pulkam di Jawa tengah juga ada paket 7 GB 15 ribu.😄

      Delete
    3. Oh, pantesan. Saya jarang beli kuota di counter. Biasanya cuma beli kuota pakai pulsa sesuai pilihan yang muncul aja.

      Delete
  5. tugas kuliah banyak, sampe gk sempet mandi kak wkwkw, gak sempet apa emg akunya yg jorok yah wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih pagi masih sempet kan? 😂😂😂

      Delete
  6. Kalo di rumah aku juga ga pusing mba, Krn ngandelin wifi. Tapi sekalinya keluar, apalagi luar kota baru puyeng dah milih mau banyakin isi provider yg mana. So far aku pake 3 nomor, Indosat tapi ini paska bayar. Trus tsel dan smarfriend.

    Untuk Indosat aku Batasin billing nya hanya 60 RB sebulan Krn aku cuma sesekali aja pake. Ini cuma back up soalnya

    Untuk tsel aku isi biasanya 100-150 RB sebulan. Ini kartu yg paling aku andelin kalo keluar kota.

    Untuk smartfriend aku isi yg 100 RB tiap bulan. Ini juga backup sih, tapi sengaja aku banyakin Krn kuotanya LBH banyak drpd tsel walo suka mati idul pas dibawa ke luar kota 🤣🤣. Intinya ttp tsel yg utama 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah pake WiFi, tapi kalo pergi tetap butuh kuota kan ya. Apalagi kalo lagi di jalan terus perlu menghubungi orang lain. Sebenarnya bisa aja sih, pake telpon langsung, tapi sekarang sudah biasa komunikasi pakai WhatsApp.

      Saya juga kalo pulang ke kampung suami yang paling diandelin Telkomsel, dijamin ada jaringan. Begitu pula pas kunjungan ke rumah Kaka di luar kota.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar