Cara Mengatasi Ukuran Gambar yang Melar di Artikel Blog

Saat berganti template pada blog sedikit banyak ada yang berubah pada kegiatan blog saya. Salah satunya adalah cara memasukkan gambar ke dalam artikel. Biasanya, gambar yang saya masukkan ke dalam blog ukurannya sudah saya kompres supaya tidak memberati loading blog. Saya biasa memperkecil ukurannya dengan cara mengirimnya lewat WhatsApp.

Meskipun ukurannya sudah kecil, namun gambar yang dikirim lewat WhatsApp biasanya resolusinya tetap lumayan besar. Maka saya pun kadang memperkecilnya sekali lagi saat mengatur gambar yang telah diupload ke dalam artikel. 

Ada pilihan ukuran gambar di blogger yaitu kecil, sedang, besar, sangat besar, dan ukuran asli. Biasanya saya memilih ukuran besar atau sangat besar untuk ditampilkan di blog. Karena menurut saya ukurannya lebih pas untuk dilihat di tampilan dekstop. Untuk dilihat di tampilan mobile, blog ini sudah menggunakan template responsif, jadi ukuran gambar akan menyesuaikan secara otomatis.

Saat beralih menggunakan template dari Way2Themes saya mendapati ada yang salah dengan tampilan gambar di blog saya. Awalnya saat dilihat di layar komputer tak ada masalah. Namun ketika dilihat di tampilan mobile di HP, gambarnya melar ke bawah atau stretching. Untuk ukuran sebuah foto gambarnya pun menjadi tidak proporsional.

Di antara berbagai foto dari beberapa artikel lama, saya lihat ada gambar yang mengalami pemelaran, namun ada juga yang tidak memelar. Saya pun mencoba mencari perbedaan dari berbagai gambar tersebut.

Rupanya perbedaannya terletak pada pengaturan ukuran gambar saat memposting artikel. Untuk mengatasi agar ukuran gambar tidak melar langkahnya sebagai berikut:

Cara Mengatasi Gambar Artikel di Blog yang Melar ke Bawah


Buka postingan
Masukkan gambar
Klik gambar sampai muncul menu pengaturan
Klik icon pengaturan/ubah

Pilih ukuran asli
Klik Perbarui
Terakhir klik Publikasikan pada artikel.

Dengan cara tersebut maka ukuran gambar akan menyesuaikan secara otomatis dengan perangkat yang digunakan pembaca. Masalah foto yang melar pun bisa diatasi.

Cara di atas bagus dilakukan untuk artikel yang baru dipublish, sehingga bisa langsung dipraktekkan. Hanya saja cukup melelahkan jika harus mengedit banyak artikel lama. Sayang saya tidak tahu cara lebih praktisnya.

Masalah ukuran foto bisa menjadi kecil ataupun besar tergantung sudut pandang. Saya pribadi tidak mengedit gambar-gambar lama yang ada di blog ini. Merepotkan. Lagi pula kebanyakan gambar di blog ini adalah tangkapan layar untuk tutorial. Melar sedikit tidak masalah, yang penting maksudnya tersampaikan. Selain itu, tidak semua gambar melar, cuma gambar tertentu saja. Hanya saja untuk memaksimalkan gambar di artikel baru, saya praktekkan cara di atas. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Post a Comment

14 Comments

  1. ternyata mudah banget ya... cuma ngembaliin ke ukuran asli doank...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngerjainnya mudah. Yang susah itu kalo ngga tahu caranya.

      Delete
  2. Terima kasih infonya, mbak.. Seneng banget kalo lihat perempuan melek teknologi, karena saya sendiri termasuk gaptek.. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga ngerti sedikit doang, Mba. Tapi saya suka menulisnya di blog.

      Delete
  3. Wsh ...., takut gsnti tamplet ah. Takut postingan lama eror. Terima kasih telah berbagi, ananda Nisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan takut, Bu. Sambil belajar dari kesalahan.

      Delete
  4. saya biasanya pakai editing foto....

    Thank you telah berbagi.... nambah pengetahuan

    ReplyDelete
  5. Hah ternyata gampang banget yah,,, saya blum pernah otak atik sihhh,,, mklim blog pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuo orang juga awalnya pemula. Sama-sama belajar 😊

      Delete
  6. Naaah sring nih mba aku temuin masalah begini kalo main ke blog temen2 trutama yg pale blogspot. Gambarnya blur dan melar. Hrs diklik, baru gambarnya JD bagus. Ternyata hrs pilih settingan ukuran asli yaaa. Noted ;). Jadi tau hrs gimana ntr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kadang yang punya juga ngga nyadar lho. Apalagi tampilannya tetap bagus pas di dekstop.

      Delete
  7. Oh cuma diubah ke ukuran asli maka gambar yang melar pun bisa bagus lagi ya, makasih infonya Bu guru

    ReplyDelete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar