Berbagi Gambar Gratis Lewat Situs Pexels

Setelah mengambil foto bagus, sayang rasanya jika foto tersebut hanya tersimpan di HP. Tentu saja saya ingin mempostingnya. Berhubung saya jarang update status di sosial media, maka saya pun menerbitkannya dalam artikel di blog.

Hanya saja, karena ingin mempercepat loading blog, biasanya foto yang saya upload ukurannya akan saya kompres terlebih dahulu. Apalagi jika foto yang diupload lebih dari satu. Setelah itu, saya berpikir lagi, apa selanjutnya yang harus saya lakukan dengan foto aslinya.

Menyimpan terlalu banyak foto di HP membuat memori HP menjadi penuh. Apalagi HP lama sudah banyak isinya dan penyimpanan terbatas. Menyimpan di laptop pun juga perlu memori. Kadang saya asal menyimpan saja, foto tersebut sudah jarang dibuka. Toh sudah saya posting di blog juga.

Sampai akhirnya saya menemukan ide untuk menyimpannya di situs pexels.com. Selama ini saya menggunakan pexels untuk berbagi foto. Mengapa tidak saya balik dengan cara berbagi foto di situs tersebut. Toh saya memang senang jika foto tersebut tersebar dan digunakan banyak orang.

Jika diposting di sosial media, biasanya foto tersebut kualitasnya berkurang. Di posting di blog, malah bikin berat. Situs berbagi foto gratis adalah pilihan terbaik. Situs ini biasanya malah senang menerima foto dengan ukuran yang besar. Karena semakin bagus kualitas foto, semakin baik.

Sebenarnya situs berbagi foto gratis tidak hanya pexels, sebelumnya saya juga sudah mengenal pixabay. Tapi entah kenapa waktu itu yang muncul ke pikiran saya lebih dulu adalah pexels.

Cara Berbagi Foto di Pexels

Sebelum bisa berbagi foto di pexels, tentu sebelumnya harus membuat akun dulu, kemudian baru mulai mengupload foto.

Kunjungi situs pexels.com
Klik lambang garis tiga di pojok kanan atas (jika lewat ponsel)
Pilih Gabung
Pilih Kontribusi
Pilih Gabung dengan Facebook, atau dengan memasukkan nama dan email.
Saya memilih Gabung dengan Facebook
Klik Lanjutkan
Akun Pexels sudah berhasil dibuat


Selanjutnya sudah bisa langsung mengupload foto ke Pexels. Supaya tidak salah silakan baca panduan foto yang bisa diupload di Pexels. 

Pexels sendiri ada aplikasinya di Play Store, namun saya lebih suka mengaksesnya lewat chrome, supaya tak perlu instal aplikasi terlalu banyak.

Sebagai kontributor foto di Pexels ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh meskipun situs ini membagikan gambar kita secara gratis. Di antaranya, ada menu donasi lewat Paypal jika ada yang menyukai foto kita dan ingin menyumbang. Selain itu ada challenge berkala dengan hadiah uang tunai pada waktu-waktu tertentu.

Tapi perlu diketahui, foto yang diuplaod di Pexels bebas digunakan oleh orang lain tanpa ada kewajiban kontribusi apapun. Itu adalah konsekuensi upload foto di sana. Jadi kalo masih sayang dengan hak cipta foto, jangan bagikan di pexels.

Bagi saya pribadi alasan utama berbagi foto di Pexels adalah agar bisa menyimpan foto yang saya ambil tanpa mengurangi kualitasnya. Ditambah jika ada yang menggunakan foto yang saya ambil tentu saya lebih senang lagi. 

Tentu saja hal ini berbeda dengan para Fotografer profesional. Dari pada berbagi foto gratis, lebih baik fotonya dijual. Ada banyak situs untuk menjual foto online. Foto yang saya ambil sih, belum layak untuk dijual, makanya dibagikan gratis saja.
Baca Juga

Post a Comment

2 Comments

  1. aku belum pernah mengakses pexels mba nisa, sepertinya ini bisa jadi solusi menyimpan foto tanpa mengurangi resolusinya dan ga bikin simcard cepet penuh ya. Aku kalau di blog malah jarak kuresize mba hiks...soalnya uda pe er watermark jadi agak repot kalau harus resize lagi. kebanyakan punyaku masih ukuran aslinya huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga rajin kasih watermark, jadi foto di blog apa adanya aja. Tapi selalu saya resize untuk menghemat ruang.
      Tapi kalo upload foto pribadi sebaiknya jangan di Pexels sih. Soalnya foto disana bebas digunakan ulang oleh orang lain.

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar