Berapa Denda Telat Bayar Pajak Sepeda Motor?

Sebagai seseorang yang berangkat kerja setiap hari menggunakan sepeda motor, tentu saya harus perhatian dengan sepeda motor yang saya gunakan. Salah satu kewajiban pemilik kendaraan bermotor adalah membayar pajak setiap tahun.


Tahun ini, karena kebanyakan libur, saya tidak memperhatikan bulan yang tertera di plat sepeda motor saya. Begitu sadar, saya terlambat beberapa hari untuk membayar pajak.

Saya pernah dengar, entah siapa yang bilang, telat sehari, atau sebulan, atau lebih, dendanya sama saja. Sejenis itulah. Maka saya pun tidak tergesa-gesa untuk langsung membayar pajak. Setidaknya saya mencari waktu agak luang agar bisa pergi ke samsat corner di Q-Mall.

Bayar Pajak Sepeda Motor Online di Samsat Corner

Tentu saja saya juga tidak bermaksud menunda-nunda. Saat ada waktu luang, saya langsung meluncur ke samsat corner untuk bayar pajak.

Untungnya waktu itu samsat corner sedang tidak sibuk. Tanpa perlu antri saya langsung ke loket menyerahkan stnk dan ktp. Setelah diperiksa petugas, dia mengatakan bahwa saya dikenai denda. Karena sudah mengiranya, saya pun mengiyakan dan membayar sesuai jumlah yang disebutkan. Kemudian stnk saya distempel dan urusan selesai. 

Saya beruntung, meski telat masih bisa bayar online di samsat corner. Menurut yang saya baca, jika telat lebih dari satu tahun, tidak akan dilayani untuk pembayaran online. Harus datang ke kantor samsat bersangkutan.

Berapa besaran denda yang saya bayar?

Pada lembaran pajak tertulis:

pokok 217.500 dan 35.000

Sanksi Adm 54.400 dan 8.000

Jumlah 314.900

Dendanya sungguh tidak sedikit. Tapi keterlambatan adalah salah saya sendiri. Maka saya pun harus membayarnya.

Karena iseng, saya pun mencoba mencari di internet tentang denda keterlambatan bayar pajak kendaraan bermotor. Ternyata dendanya mencapai 25% untuk keterlambatan 1 hari sampai sebulan. Sedangkan jika terlambat dua bulan atau lebih, rumus perhitungannya beda lagi.

Jika dilihat tanggalnya, saya telat bayar sekitar 35 hari. Entah masuk rumus denda satu bulan atau dua bulan.

Mudah saja sih, kalo mau copas rumus yang nemu di internet, sayang saya ngga nemu dari situs resmi langsung, takutnya ada perubahan.

Cukuplah tahun ini saya bayar denda pajak sepeda motor. Tahun depan harus lebih perhatian lagi. Orang bijak, taat pajak.

6 comments

  1. Dendanya lumayan juga ya Bu guru, aku juga pernah kena denda karena telat seminggu, kena denda 45 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, dendanya lumayan banyak. Apalagi kalo sampai tahunan. Memang tepat waktu tetap lebih baik.

      Delete
  2. Mirip kejadian di kantor, ada beberapa yang diberi kendaraan dinas, eh lupa bayar pajak sampai setahun gitu, dan kayaknya banyak banget tuh.
    Tapi emang karena bayarnya setahun sekali, faktor lupa tuh kemungkinannya makin besar terjadi. Kalau di aku, si motorku ini aku kasih nama dan bulan lahir, jadi tiap bulan Maret itu ulang tahunnya, dan saatnya bayar pajak! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kendaraan dinas bayar pajak dan dendanya pakai uang kantor ya,,, hehe

      Wah, mantap juga tuh, ada hari ultahnya. Mungkin saya juga perlu catat di kalender hp. Biar ingat tiap tahun 😁

      Delete
  3. Wkakakakaka.. ini kebiasaan saya nih.. sudah berulangkali terlambat tapi tetep jaaa.. terlambat... kena denda terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memperkaya pemda dong Pak, rutin bayar pajak dan dendanya, wkwk. 😂

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon