Shopee : Pilih Cepat atau Gratis Ongkir?

Dari bulan Maret kemarin, saya beberapa kali kembali belanja online lewat aplikasi Shopee. Karenanya saya baru sadar bahwa ada metode baru dalam menentukan kurir pengiriman barang. Jika sebelumnya bisa milih pakah J&T, JNE, Pos, dll secara langsung, sekarang pilihannya terbagi menjadi reguler atau hemat. Kebetulan bagi saya yang berada di luar pulau Jawa hanya dua pilihan ini yang tersedia. Tidak bisa saya milih barang sehari langsung sampai. Mau loncat dari mana?

Berhubung metode baru, sebelum bisa menggunakan pengiriman reguler, saya harus menentukan dulu lokasi rumah saya lewat peta di aplikasi. Untungnya, saya sudah terbiasa memelototi peta rumah sendiri. Jadi mudah saja menentukannya.

Apa saja kurir reguler dan hemat itu?

Untuk kurir reguler mencakup: ShopeeXpress, J&T Express, Sicepat, JNE, Pos Indonesia, Ninja Xpress, antar aja

Adapun kurir hemat mencakup: J&T Eco dan Halu.

Selengkapnya shopee.co.id

Apa perbedaan utama dari pengiriman reguler dan hemat?

Perbedaan utamanya terletak pada kecepatan dan harga. 

Pada pengiriman reguler bagi saya yang berada di luar pulau Jawa, barang bisa sampai sekitar 3-7 hari. Sedangkan pengiriman hemat barang sampai 7-14 hari.

Dari segi harga, tentu saja pengiriman hemat lebih hemat ongkir. Bahkan ketika menggunakan voucher gratis ongkir, ongkirnya jadi benar-benar gratis. Saya tak perlu bayar sedikitpun. Sedangkan pada pengiriman reguler, voucher gratis ongkir hanya cukup untuk memotong biaya ongkir, sisanya saya tetap bayar ongkir.

Pilih Cepat atau Gratis Ongkir?

Secara umum, sebagai pembeli saya cenderung memilih gratis ongkir. Apalagi jika barang yang dibeli harganya murah. Ternyata barang yang dibeli dari Jakarta dan sekitarnya memang perlu waktu dua minggu untuk sampai. Untungnya barang yang saya beli bukan barang mendesak, jadi santai saja nunggu sampainya.

Ketika barang yang ingin saya beli perlunya cepat, saya memilih pengiriman reguler, supaya barangnya lebih cepat sampai. Tentu saja saya tetap harus bayar ongkir meski sudah pakai voucher gratis ongkir. Ada fasilitas ada harga. 

Pilih cepat atau gratis, tentu ada pertimbangan masing-masing.

Bagaimana sudut pandang penjual?

Sebenarnya saya bukan penjual di Shopee. Tapi setahu saya uang tidak akan dilepas kepada penjual selama barang belum sampai ke tangan pembeli. Dengan kata lain, semakin lama barang sampai, semakin lama pula uang ditahan oleh Shopee. Dengan begitu tentu penjual lebih suka jika barang lebih cepat sampai.

Kamu pilih mana? Cepat atau Gratis Ongkir?

2 comments

  1. Kalo aku pilih cepat dan juga gratis ongkir full Bu guru.😁

    Iya, aku juga kaget karena tiba-tiba opsi pengiriman cuma ada dua, reguler dan hemat, ini benar-benar bikin galau.

    Karena sebelumnya aku pakai sicepat atau id express atau ninja express yang gratis ongkir karena cuma kena biaya 10.000 dan itu biasanya gratis kalo pakai voucher gratis ongkir. Soal kecepatan pengiriman sama saja, dari Jakarta ke Banten biasanya 1-3 hari saja, tidak beda dengan jnt atau jne yang lebih mahal.

    Tapi sejak diganti reguler dan hemat, pakai opsi hemat pun kena biaya 13k, pakai voucher tetap harus bayar 3000.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih cepat dan garis ongkir full hanya tersedia untuk jarak dekat 😅😅

      Untuk saya yang jauh mau tidak mau harus terima dengan pengiriman yang agak lama. Untung masih bisa milih gratis ongkir.

      Sebaliknya, sejak ada pilihan pengiriman hemat, sekarang saya bisa pilih full gratis ongkir. Beda lokasi jadi beda efek ya,,

      Delete

Silakan tingggalkan tanggapan dan pendapatmu pada kolom komentar
EmoticonEmoticon